Mantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger yang kini menjabat sebagai Kepala Pengembangan Global FIFA memiliki saran terkait kelanjutan sepak bola setelah pandemi corona. Arsene Wenger menyarankan agar jendela transfer pemain pada bulan Januari musim depan mulai dihapuskan. Pelatih berusia 50 tahun tersebut mempunyai alasan yang logis terkait penghapuasan transfer pemain pada bulan Januari mnusim depan.

Ia menilai pada transfer musim dingin tersebut selalu dimanfaatkan oleh banyak pemain untuk hengkang dari klub yang dibelanya. Penilaian tersebut didasarkan pada pengalamannya menjadi pelatih sepak bola yang kerap melihat para pemain hengkang dengan alasan menyerah kurang waktu bermain. "Saya setuju untuk penghapusan jendela transfer Januari. Kebanyakan pelatih juga tidak dapat memanfaatkan jendela transfer ini dengan baik." kata Arsene Wenger dikutip dari .

"Pada Oktober, begitu seorang pemain tidak bermain lagi, ia mencoba mencari solusi di tempat lain dan menunggu bulan Januari untuk pergi," tambahnya. Tak sampai disitu, pelatih asal Prancis tersebut juga memiliki gagasannya tentang kondisi keuangan beberapa klub selama pandemi corona ini. Meskipun dampak finansial ini sangat terasa bagi seluruh klub,ia berpendapat bahwa kontrol upah pemain harus diberlakukan secara tepat.

“Saya mendukung pembatasan bagian anggaran klub yang didedikasikan untuk gaji para pemain. 50%, misalnya." “Setengah dari anggaran klub dikhususkan untuk gaji pemain; separuh lainnya didedikasikan untuk biaya ekuitas dan operasi." ujarnya. Peraih 3 Piala Liga Inggris di Arsenal ini juga membeberkan bagaimana pengelolaan keuangan yang dilakukan mantan klubnya tersebut.

"Di Arsenal, aturan ini diberlakukan pada kami oleh bank: kami tidak dapat melebihi sebagian dari anggaran kami dalam gaji pemain. Tetapi itu tidak menghalangi kami untuk membayar gaji yang sangat besar.” jelasnya. Arsene Wenger sendiri dapat dikatakan sebagaisatu dari pelatihberkelas yang pernah menangani tim asal Inggris. Selama kurang lebih 22 tahun, Wenger tercatathanya menangani tim sekelas Arsenal.

Pelatih berkebangsaan Prancis tersebut mampu membuat Arsenal menjadi tim yang cukup disegani pada masanya. Wenger berhasil mempersembahkan tiga gelar Liga Inggris dan tujuh Piala FA selama membesut tim asal London tersebut. Ia juga pernah membawa Arsenal menjadi finalis ajang Liga Champions 2006.

Salah satu pencapaian terbaiknya yang masuk dalam buku sejarah adalah ketika membawa Arsenal meraih gelar Liga Inggris 2004. Saat itu, Arsenal dibawah komando Wenger mampu mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam satu musim. Hingga saat ini, rekor yang sering disebut Invicibles tersebut belum mampu dipecahkan oleh tim manapun di Liga Inggris.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *