Pengelola jalur pendakian Gunung Lawu via Ceto melaporkan, seorang pendaki yang beberapa waktu memetik bunga edelweis telah mendapatkan hukuman. Seorang relawan jalur pendakian Lawu via Ceto (Reco) yang enggan disebutkan namanya mengatakan, aksi memetik bunga edelweis terjadi pekan lalu. Dirinya menyebut dengan kesadaran diri pendaki ini mendatangi posko untuk mengakui kesalahannya.

Relawan Reco melanjutkan, saat di posko pendaki tersebut meminta maaf dan telah membuat surat pernyataan yang isinya sudah diunggah lewat akun media sosial. Pendaki ini juga mendapatkan sanksi berupa blacklist dari pendakian Gunung Lawu di semua jalur dan push up sebanyak 100 kali. Relawan Reco menyebut imbauan terkait dengan pelarangan memetik bunga edelweis selalu diberikan ketika para pendaki ingin melakukan perjalanannya.

"Di posko pasti kita cek suhu tubuh, kemudian registrasi, setelah itu baru briefing." "Termasuk larangan larangan sudah kami sampaikan kepada para pendaki." "Namanya orang banyak, ada yang nurut, ada yang begini begini," kata dia.

Terakhir, relawan Reco ini berharap kejadian pemetikan bunga edelweis tidak terluang kembali di kemudian hari. Video yang memperlihatkan aksi tidak terpuji seorang pendaki yang sengaja memetik bunga edelweis viral di media sosial. Diketahui kejadian tersebut di Gunung Lawu.

Sedangkan dalam rekaman terlihat ada seorang pendaki muncul dari rimbunan ilalang. Setelah mendekat, diketahui pendaki ini memetik bunga edelweis dan langsung mendapat peringatan dari pendaki lainnya. Perekam: Mbak, kok metik mbak? Kata siapa siapa boleh peti?

Pemetik bunga edelweis: Itu kata masnya. Perekam: Kembaliin mbak Sudah ada undang undangnya. Pemetik bunga edelweis: (metik) sedikit (sambil menunjukkan bunga edelweis).

Jenis Tumbuhan Dan Satwa Yang Dilindungi ( ) Bunga edelweis atau anaphalis javanica masuk ke dalam tumbuhan yang dilindungi. Ini tertulis secara lengkap dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan Dan Satwa Yang Dilindungi

Lebih lanjut terkait bunga edelweis dijabarkan dalam Undang Undang No. 5 Tahun 1990 Tentang: Konservasi Sumberdaya Alam Hayati Dan Ekosistemnya Pasal 21 menyebutkan: 1) Setiap orang dilarang untuk :

A. mengambil, menebang, memiliki, merusak, memusnahkan, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan tumbuhan yang dilindungi atau bagian bagiannya dalam keadaan hidup atau mati; B. mengeluarkan tumbuhan yang dilindungi atau bagian bagiannya dalam keadaan hidup atau mati dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia. Untuk hukuman dari siapa saja yang melanggar dijelaskan dalam pasal 40 ayat 2.

Barangsiapa dengan sengaja melakukan pelanggaran terhadap ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) dan ayat (2) serta Pasal 33 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000,00 (seratusjuta rupiah).

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *