Cara membuat sabun mandi yang alami memang terdengar begitu asing, sedangkan jika kita dapat membuat sabun mandi sendiri akan banyak manfaat yang didapatkan. Hemat, merupakan salah satu manfaat cukup besar yang bisa didapatkan ketika cara membuat sabun mandi dilakukan.

Selain itu Anda juga dapat mencoba berbagai varian sabun sesuai dengan selera yang tentunya amat ramah lingkungan. Banyak orang memang akan beranggapan bahwa membuat sabun mandi sendiri membutuhkan cara yang sukar. Akan tetapi, jika sering dilatih maka cara membuat sabun mandi dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Bagi Anda yang ingin membuat sabun dan belum mengetahui caranya, Merdeka.com akan menyajikan informasinya untuk Anda. Perlu diketahui bahwa membuat sabun mandi sendiri dapat dilakukan dengan cukup mudah dan sederhana, atau bahkan sangat rumit tergantung pembuatannya. Hal tersebut tengah diungkapkan oleh salah seorang pembuat sabun Debra Maslowski. Berikut adalah cara membuat sabun mandi alami dan wangi, lengkap beserta alatnya yang sudah dirangkum dari Dream.co.id.

Dasar Cara Membuat Sabun Mandi

Sebelum melakukan cara membuat sabun mandi, ada baiknya apabila Anda mengetahui dasar-dasar pembuatannya terlebih dahulu. Dasar pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan bahan sesuai dengan selera. Anda dapat mengkreasikan berbagai bahan alami guna membuat warna serta wangi sabun menjadi menarik.

Agar dapat membandingkan bahan dengan tepat, maka Anda perlu memperhatikan ukuran bahan sabun. Dilansir dari Dream, Debra sangat menyarankan agar menggunakan cangkir atau sendok untuk mempermudah pengukuran bahan. Dapat disimpulkan, bahwa komposisi menjadi salah satu dasar terpenting sebelum membuat sabun agar ukurannya menjadi tepat dan tidak mengakibatkan terjadi kegagalan.

Penggunaan Alkali

Terdapat satu bahan yang dianggap menjadi andalan saat membuat sabun, yakni alkali. Tidak bisa digantikan dengan bahan lainnya, Anda harus menggunakan alkali berbentuk kristal ataupun natrium hidroksida 100% dalam membuat sabun mandi yang alami. Perlu diketahui, bahwa larutan alkali ini bersifat kaustik dan dapat membuat lubang di kain bahkan mampu melukai kulit.

Maka dari itu, saat membuat sabun mandi alami sangat disarankan agar menggunakan sarung tangan, masker dan juga kaca mata. Hal ini perlu dilakukan guna mencegah terkena kontak langsung dengan alkali. Saat melarutkan alkali, Anda bisa mencampurnya dengan air serta biarkan menguap selama satu menit. Jangan lupa mengaduk campuran tersebut agar tidak terjadi gumpalan pada bagian bawahnya. Sifat kaustik yang cenderung berbahaya pada alkali ini akan berubah menjadi sabun yang aman apabila sudah bereaksi dengan minyak sabun.

Alat untuk Membuat Sabun Mandi

Sebelum membuat sabun alami yang aman, maka Anda perlu mengetahui sebenarnya apa saja alat yang akan digunakan. Sangat disarankan agar tidak menggunakan berbagai macam peralatan dapur, namun perlatan khusus. Demi keamanan, Anda dapat menggunakan peralatan yang berbahan stainless steel, enamel ataupun kaca.

Jangan pernah menggunakan alat berbahan dasar tembaga, alumunium atau plastik karena bahan itu mampu bereaksi dengan alkali. Peralatan yang bisa dipersiapkan adalah sendok pengaduk dan mangkuk. Untuk pencetaknya, Anda bisa gunakan cetakan silikon dan perlu diingat untuk menyiapkan termometer stainless steel, koran, handuk bekas serta pengukur stainless steel.

Bahan Membuat Sabun Mandi

Apabila sudah menyiapkan beberapa alat yang dapat menunjang proses pembuatan sabun, maka Anda juga perlu mempersiapkan bahan-bahanya. Berikut bahan membuat sabun dikutip dari Dream:

1. Minyak Kelapa

2. Alkali sebanyak ¼ gelas

3. Air dingin ¾ gelas

4. Minyak Zaitun

5. Minyak Alami lainnya yang sesuai dengan selera Anda

Cara Membuat Sabun Mandi

Setelah alat beserta dengan bahan-bahannya sudah disiapkan, maka Anda bisa memulai proses pembuatan sabun mandi alami. Dikutip dari Dream, begini cara membuat sabun mandi alami yang bisa Anda lakukan:

1. Tutupi lantai atau meja yang akan digunakan untuk membuat sabun dengan koran bekas. Kemudian siapkan semua peralatan dan bahan di atasnya.

2. Gunakan sarung tangan, kacamata dan masker.

3. Menyiapkan mangkuk khusus yang sudah diisi air dingin, kemudian masukkan alkali perlahan-lahan.

4. Tunggu hingga beberapa detik, kemudian aduk alkali hingga berasap dan air berubah menjadi jernih.

5. Tambahkan beberapa tetes minyak dengan menggunakan pipet.

6. Setelah itu, diamkan sejenak serta hangatkan larutan ke dalam oven selama beberapa menit dengan suhu 95 hingga 120 derajat Celsius.

7. Kemudian, tambahkan lagi beberapa tetes minyak alami dan aduk perlahan selama kurang lebih 5 menit.

8. Aduk hingga larutan berubah menjadi kental layaknya pudding.

9. Lalu, Anda bisa menambahkan beberapa bahan alami yang diinginkan, kemudian aduk lagi.

10. Masukkan adonan sabun dalam cetakan dan diamkan selama 12 hingga 24 jam.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *