Kondisi pemimpin Arab Saudi, Raja Salman berada dalam kondisi stabil, setelah dirawat di rumah sakit di ibukota Riyadh sejak Senin (20/7/2020) akibat peradangan kantung empedu. Raja, yang telah memerintah sejak 2015, sedang menjalani pemeriksaan medis, seperti dilaporkan pihak kerajaan kepada media. Tiga sumber Reuters yang punya hubungan dekat dengan kerajaan yang menolak disebut namanya, mengatakan kepada Reuters, kondisi Raja, "baik baik saja".

Seorang pejabat di wilayah itu, yang juga tak berkenan namanya diungkap, mengatakan ia berbicara dengan salah satu putra Raja Salman pada Senin yang tampak "tenang" dan tidak ada rasa panik tentang kondisi kesehatan Raja. Semenjak dirawat, Raja Salman menerima panggilan telepon dari para pemimpin negara Kuwait, Bahrain dan Jordan. Sebuah sumber diplomatik mengatakan penguasa de facto Kerajaan, Putra Mahkota, PangeranMohammed bin Salman terbang kembali ke Riyadh pada Senin (20/7/2020) dari istananya di kota NEOM laut merah , membatalkan pertemuan dengan delegasi Irak.

Raja Salman terakhir berbicara di hadaoan publik pada 19 Maret lalu dalam lima menit di televisi tentang pandemi virus corona. Media negara telah menerbitkan gambar dan video dari Raja memimpin pertemuan Kabinet mingguan secara online. Media juga telah membawa gambar putra mahkota menghadiri pertemuan tersebut secara online.

Raja Salman, penjaga situs suci Islam, menghabiskan lebih dari dua setengah tahun sebagai putra mahkota Saudi dan Wakil Perdana Menteri dari Juni 2012, sebelum menjadi raja. Ia juga menjabat sebagai Gubernur wilayah Riyadh selama lebih dari 50 tahun. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz (84) harus dirawat di rumah sakit spesialis Raja Faisal di ibukota Riyadh untuk pemeriksaan medis.

Demikian kantor berita Saudi, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan Senin (20/7/2020). Dikatakan Raja, yang telah memerintah sejak 2015, akan melakukan serangkain pemeriksaan medis karena peradangan kandung empedu atau Cholecystitis. Namun sayang tidak ada penjelasan lebih mendalam mengenai kondisi sang Raja.

"Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Salman, semoga Allah melindunginya, masuk Rumah Sakit Khusus Raja Faisal di Riyadh pada 20 Juli 2020, untuk menjalani beberapa pemeriksaan terkait peradangan di kandung empedu. Semoga Allah melindungi Penjaga Dua Masjid Suci dan memberikan kesehatan serta kebaikan,” demikian pernyataan Kerajaan Arab Saudi.(Reuters/SPA)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *