Berikut kunci jawaban Tema 5 Kelas 3 SD/MI halaman 20 21 23 24 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Subtema 1 Pembelajaran 3. Buku Tematik Kelas 3 Tema 5 edisi revisi 2018 mengusung judul Cuaca. Sementara Subtema 1 berjudul Keadaan Cuaca.

Kunci jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 3 halaman 20 21 23 24 ini ditujukan kepada orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak. Tulislah lambang pecahan untuk soal soal di bawah ini. Peserta didik menyimak gambar yang ada di halaman 20 dan 21.

1. 3/5 2. 1/6 3. 1/4

4. 2/8 5. 2/8 ***

Matahari telah lama bersahabat dengan Awan. Mereka saling membantu satu sama lain. Terkadang, mereka berbagi cerita ataupun keluh dan kesah. Suatu hari, Matahari terlihat kesal. “Aku akan keluarkan sinar terikku untuk bumi,” ucap Matahari. “Mengapa engkau ingin bersinar terik, sahabatku?” tanya Awan.

“Aku sedang kesal. Manusia sering tidak disiplin.” jawab Matahari. “Maksudmu, bagaimana? Manusia yang tidak disiplin, mengapa engkau yang kesal?” tanya Awan. “Iya, mereka sering seenaknya saja. Sudah aku bangunkan pagi hari. Menggunakan sinar yang lembut. Akan tetapi, mereka tetap tidak bangun. Saat siang hari, sinarku sangat terik. Mereka malah asyik bermain. Harusnya, mereka beristirahat di rumah. Sinar terikku saat siang hari dapat membakar kulit mereka,” ungkap Matahari.

“Mungkin manusia tidak bermaksud demikian, Matahari? Mereka tetap bermain saat sinarmu terik. Mereka ingin memanfaatkan cuaca cerah itu,” ujar Awan. “Kamu bayangkan, saat wajahmu bersembunyi terus di balik tubuhku, hujan turun sepanjang hari. Manusia tidak dapat melakukan aktivitasnya. Jadi, hari ini, engkau menampakkan wajahmu. Mereka memanfaatkannya untuk bermain. Setelah membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan, jawablah pertanyaan berikut ini.

1. Siapakah tokoh yang terdapat dalam cerita tersebut? Awan dan Matahari 2. Apa yang membuat Matahari merasa kesal?

Matahari kesal karena manusia sering tidak disiplin 3. Apa yang telah dilakukan manusia sehingga Matahari kesal? Manusia tidak bangun saat sinar matahari sedang lembut.

Lalu saat siang hari, saat sinar Matahari sangat terik, manusia malah asyik bermain. 4. Seandainya kalian menjadi Matahari. Apa yang akan kalian lakukan terhadap manusia yang tidak disiplin? Jika aku menjadi matahari, saya akan tetap bersinar.

Termasuk untuk orang orang yang tidak berdisiplin karena karena energi matahari sangat dibutuhkan mereka. *** Ayo Mengamati

Beni sangat senang membaca cerita Persahabatan Matahari dan Awan. Yuk, kita bantu Beni menemukan kata kata yang berhubungan dengan keadaan cuaca dari cerita itu. Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas sebagian besar berupa pertanyaan terbuka. Artinya, ada beberapa jawaban alternatif lainnya yang tidak terpaku seperti di atas.

Kusumawati, Yun dan Panca Ariguntar. 2015. Buku Guru SD/MI Kelas III Tema 5 Wirausaha Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 . Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kusumawati, Yun dan Panca Ariguntar. 2015. B uku Siswa SD/MI Kelas III Tema 5 Wirausaha Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Perhatikan gambar berikut! Berikan centang (v) untuk gambar yang sesuai dengan sila kedua Pancasila!

Jawab: 1. (v) 2. (v) 3. (v) 4. ( ) 5. (v) 6. (v) Tuliskan pengalamanmu di rumah. Pengalaman yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Kerjakan pada kolom berikut! Jawab: Sila kedua Pancasila memiliki bunyi kemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam sila ini, terkandung nilai kemanusian. Makna dari nilai kemanusiaan tersebut adalah setiap komponen masyarakat baik pria maupun wanita atau tua maupun muda harus selalu menjunjung tinggi norma dan adat istiadat yang berlaku.

Contohnya: Dewi sangat mencintai orang tuanya. Dewi juga menghormati dan menaati nasihat orang tua. Dewi patuh terhadap orang tua. Perbuatan ini merupakan sikap yang sesuai sila kedua Pancasila. Contoh contoh lain penerapan sila kedua: Bersikap sopan dan santun terhadap orangtua. Menghormati seluruh anggota keluarga. Rukun terhadap seluruh anggota keluarga. Memberi sedekah. Kamu telah belajar sila kedua Pancasila. Diskusikan dengan orang tuamu. Contoh perilaku di rumah. Perilaku yang sesuai sila kedua Pancasila.

Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *