Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk berpuasa sunnah di bulan bulan mulia, salah satunya puasa Dzulhijah. Dilansir dari Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah oleh Ustaz Muhammad Syukron Maksum, ada rahasia dibalik anjuran beliau tersebut, Rasulullah SAW bersabda "berpuasalah bulan bulan mulia yaitu Rajab, Zulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram. Menurut Rasulullah, bulan Dzulhijjah utamanya 10 hari pertama merupakan momentum penting untuk melakukan amal saleh.

Ia mengatakan bahwa pahalanya sebanding dengan mati syahid dalam rangka jihad fi sabilillah. Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala Artinya: "Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala."

Dilansir ,Ustadzah Dra.Risnawati, Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang menjelaskan bahwa puasa di bulan Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan. Tanggal 1 Dzulhijjah Allah mengampuni Nabi Adam AS di Arafah, maka yang berpuasa di hari itu akan diampuni dosa dosanya.

Tanggal 2 Dzulhijjah Allah mengabulkan doa Nabi Yunus AS dan mengeluarkannya dari perut ikan nun, maka orang yang berpuasa di hari itu sama seperti beribadah dan berpuasa satu tahun tanpa maksiat. Tanggal 3 Dzulhijjah

Allah mengabulkan doa Nabi Zakariya AS, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dikabulkan doanya. Tanggal 4 Dzulhijjah Nabi Isa AS dilahirkan, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihilangkan kesusahan dan dikumpulkan bersama orang mulia di hari kiamat.

Tanggal 5 Dzulhijjah Nabi Musa AS dilahirkan dan dimuliakan munajatnya, maka orang yang berpuasa di hari itu akan terlepas dari sifat munafik dan siksa kubur. Tanggal 6 Dzulhijjah

Allah membukakan pintu kebaikan semua nabi, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dipandang Allah dengan penuh rahmat dan kasih sayang. Tanggal 7 Dzulhijjah Pintu neraka jahanam dikunci dan tidak akan dibuka sebelum berakhir pada 10 Dzulhijjah, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihindarkan dari 30 pintu kemelaratan dan kesukaran dan dibukakan 30 pintu kemudahan untuknya.

Tanggal 8 Dzulhijjah ( Tarwiyah ) Keistimewaan puasa Tarwiyah adalah menghapus dosa yang dibuat tahun lalu. Tanggal 9 Dzulhijjah ( Arafah)

Khusus untuk Puasa Arafah, fadhillahnya adalah mendatangkan kemuliaan bagi yang menjalankannya. Menjelang hari Raya Idul Adha, Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat sebagai penetapan awal Dzulhijah 1441H. Dilansir , Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, sidang isbat dilaksanakan pada 21 Juli 2020.

Pelaksanaan sidang isbat oleh Kemenag sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 02 tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah. Sementara, pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan Idul Adha tahun 2020, jatuh pada Jumat, 31 Juli 2020 atau pada 10 Dzulhijjah 1441 H. Dilansir dari , perhitungan tersebut merupakan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Penentuan ini sesuai denganIjtimak jelang Dzulhijjah 1441 H terjadi pada hari Selasa Pon, 21 Juli 2020 M pukul 00.35.48 WIB. Tinggi bulan pada saat terbenam Matahari di Yogyakarta ( f= 07°48¢ (LS) dan l= 110°21¢BT ) = +07°54¢32² (hilal sudah wujud), dan di seluruh wilayah Indonesia pada saat terbenam Matahari itu Bulan berada di atas ufuk. Sementara 1 Dzulhijjah 1441 H jatuh pada Rabu Wage, 22 Juli 2020 M.

Pelaksanaan puasaTarwiyah dan Arafah dilakukan sebelum Idul Adha, yakni pada 8 dan 9 Dzulhijjah 1441 H. Dikutip dari , hari Tarwiyah adalahmomen saatpara jamaah haji berihram untuk mengerjakan haji. Sementara puasa Arafah dikenal di kalangan para sahabat Nabi dan biasa mereka lakukan saat tidak safar.

Berikut bacaan niat mengenai Puasa Tarwiyah dan Arafah menurut Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah oleh Ustaz Muhammad Syukron Maksum: Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aalaa Artinya: "Saya niat puasa Arafah, Sunah karena Allah Ta’ala".

Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala Artinya: “Saya niat puasa Tarwiyah, sunnah karena Allah ta’ala.”

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *