Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengumumkan rencana kunjungan Menlu Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo ke Indonesia dalam waktu dekat. “Rencana kunjungan Menlu AS, Mike Pompeo ke Indonesia yang akan dilakukan insyaAllah minggu depan,” ujar Menlu dalam konferensi pers, Kamis (22/10/2020). Menlu Retno tidak menjelaskan secara detail tanggal kunjungan Menlu Pompeo ke Indonesia.

Namun persiapan kunjungan tersebut diterangkannya terus dibahas, termasuk dalam pertemuan Menlu Retno dengan Dubes AS yang baru, Duta Besar Sung Y. Kim Rabu, kemarin. Selain melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Retno, Menlu Pompeo direncanakan juga akan hadir dalam Forum Gerakan Pemuda Ansor mengenai dialog agama dan peradaban. Retno berujar Amerika Serikat merupakan salah satu mitra penting Indonesia.

Komitmen kuat peningkatan kemitraan ini tercermin dengan intensifnya saling kunjung pejabat kedua negara, bahkan di masa pandemi. “Indonesia ingin terus membangun kemitraan kokoh yang saling menguntungkan dan saling menghormati dengan AS,” ujarnya. Sebelumnya dikabarkan Menlu Retno bahwa Wakil Menteri Pertahanan AS telah berkunjung ke Indonesia dan antara lain melakukan pertemuan dengannya.

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto diterangkannya juga telah berkunjung ke AS beberapa waktu lalu. “Delegasi DFC (US International Development Finance Corporation) akan berkunjung ke Indonesia minggu ini, dan Secretary Pompeo akan berkunjung ke Indonesia minggu depan,” ujarnya. “Saya yakin pembicaraan bilateral saya dengan Secretary Pompeo akan berjalan dengan baik, dan sekali lagi dapat memperkokoh hubungan bilateral kita dengan AS,” lanjut Menlu.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *