Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, mengajak para pengemudi bus di Terminal Kampung Rambutan Jakarta Timur, untuk tetap hidup sehat dan menjaga kesehatan ketika melakukan pekerjaan melalui acara “Cek Kesehatan Pengemudi” dalam rangka Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS), belum lama ini. GERMAS bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat dapat berperilaku hidup sehat dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dapat terwujud. "Tujuan acara ini adalah mengedukasi masyarakat khususnya pengemudi dan pemudik agar semakin sadar bahwa sebelum melakukan mudik kita perlu menyiapkan diri agar tubuh kita fit sehingga terhindar dari risiko atau masalah kesehatan," kata Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Desentralisasi Kesehatan, Pattiselanno Roberth Johan.

Masalah kesehatan yang sering muncul di masyarakat Indonesia saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat, sanitasi lingkungan dan keterbatasan ketersediaan air bersih dibeberapa tempat, pola makan yang kurang sehat dan tingkat kesadaran masyarakat tentang kesehatan diri yang masih kurang. Pemerintah berupaya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui kegiatan kegiatan sosialisasi serta publikasi yang dilakukan oleh Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Para pengemudi khususnya supir bus memiliki peran utama sebagai penentu keamanan dan keselamatan para penumpang, tidak hanya sekedar mengemudikan bus saja.

"Harapan Kementerian Kesehatan semua masyarakat dapat melakukan mudik dengan aman, sehat dan selamat serta gembira sampai tujuan sehingga angka kecelakaan dapat ditekan," ucap Pattiselanno. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mendorong agar para pengemudi bus untuk berani #JagaLebihSehat kesehatan diri demi terwujudnya masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Para pengemudi bus di terminal kampung rambutan, Jakarta timur diajak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dengan mengikuti kegiatan cek kesehatan diri (hipertensi, gula darah, amphetamine dan juga alcohol), sosialisasi dan bincang sehat mengenai pola dan gaya hidup sehat serta Quiz berhadiah.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para pengemudi bus di terminal kampung rambutan lebih sadar akan kesehatan diri serta dapat melakukan perilaku pola hidup sehat dalam kesehariannya, guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para penumpang.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *