Arsenal secara mengejutkan akhirnya mampu mendaratkan Thomas Partey dari Atletico Madrid pada deadline penutupan transfer, Selasa (6/10/2020) pagi WIB. Tim besutan Mikel Arteta dikabarkan menebus Partey sebesar 45 juta poundsterling atau setara dengan Rp 864 miliar. Kedatangan Partey dipastikan akan menambah kekuatan Arsenal dalam mengarungi kompetisi musim ini, utamanya sektor lini tengah.

Melihat keberhasilan Arsenal mendapatkan Partey, Avram Grant yang merupakan eks pelatih Chelsea dan Ghana angkat bicara. Avram Grant menyebut keberhasilan Arsenal menghadirkan Partey akan menambah kualitas dan kekuatan tim asal London tersebut. Eks juru taktik Chelsea itu juga menganggap kedatangan Partey akan membuat proyek yang dirintis Arteta makin menjanjikan musim ini.

Pelatih asal Israel itu berharap para penggemar Arsenal agar bersabar menanti performa terbaik dari Partey. Hal ini dikarenakan atmosfer permainan kompetisi Liga Inggris dan Liga Spanyol yang berbeda jauh menjadi alasannya. "Saya ingin para penggemar Arsenal memberinya waktu beberapa minggu untuk membiasakan diri dengan sepak bola Inggris," ujar Avram Grant, dilansir Daily Mail .

"Karena bermain di Liga Inggris berbeda sama sekali di tempat lain, meski sudah ada lebih banyak pemain asing di sana,". "Tapi Partey akan membuktikan dirinya sebagai pemain bagus dan sempurna atas apa yang coba sedang dibangun Mikel Arteta," tambahnya. Lebih lanjut, Avram Grant memiliki kualitas yang dibutuhkan oleh Arteta dan Arsenal dalam mengarungi kompetisi musim ini.

"Ketika anda membutuhkannya untuk menguasai bola, dia bisa melakukannya dan dia sangat cocok dengan apa yang Arteta akan lakukan dengan timnya," ujar eks pelatih Chelsea tersebut. "Jika anda memintainya untuk melakukan serangan, dia bisa melakukannya, tetapi itu bukan posisi utamanya,". "Partey adalah seorang gelandang tengah yang akan mengambil bola dan memberikan umpan kanan ke depan,".

"Dan dia akan membuat perbedaan besar untuk Arsenal seperti yang dia lakukan di Atletico, sebuah transfer yang bagus sesuai apa yang mereka butuhkan," tukasnya. Berposisi sebagai gelandang tengah, Thomas Partey baik dalam memberikan perlindungan untuk lini belakang. Tetapi, dia juga bagus untuk membantu serangan. Akurasi umpan bola yang dia berikan terhitung baik.

Dia bisa menstabilkan lini tengah dan memberikan counter untuk serangan. Bahkan sesekali pemain asli Ghana ini melakukan tembakan jarak jauh yang bisa menghasilkan gol ataupun peluang emas. Secara teknis, Thomas Partey dibutuhkan Arsenal untuk menambah pertahanan sekaligus serangan The Gunners.

Thomas Partey memulai karier di negara asalnya Ghana bersama Odometah FC, sebelum bergabung dengan akademi klub Atletico Madrid pada tahun 2011. Dia melakukan debut profesional dengan Los Rojiblancos pada 2015, dan menjadi bagian dari skuat utama yang berhasil mengalahkan Marseille di final Liga Eropa pada 2018 lalu.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *