Tim nasional Indonesia U16 baru saja mengakhiri pemusatan latihan (Training Center TC) di Yogyakarta pada Jumat (28/2/2020). Sebelum mengakhiri pemusatan latihan, Timnas Indonesia U 16mengadakan uji coba melawan PSS Sleman U16 yang berakhir imbang dengan skor 1 1 di Lapangan Sepak Bola Universitas Islam Indonesia. Hasil imbang yang diraih Garuda Muda dalam uji coba ini menuai pujian dari sang pelatih Bima Sakti.

Menurut Bima, timnya sudah mengalami perkembangan yang banyak selama pemusatan latihan. “Selama pemusatan latihan dan dua kali uji coba, tim kami mengalami perkembangan dan progres yang banyak,” kata Bima dilansir dari laman resmi PSSI. “Diantaranya adalah pemahaman taktik saat build up menyerang pertahanan lawan. Jadi mereka sudah bereaksi dengan cepat terhadap serangan lawan,” lanjutnya.

Mengenai pertahanan, Bima juga menilai timnya sudah melakukannya dengan baik terutama dalam melakukan transisi. “Lalu mengenai pertahanan dan juga transisinya sudah semakin baik,” tuturnya. Namun, Bima masih menyisakan catatan selama pemusatan dan berharap para pemain Garuda Muda tetap menjaga kondisi fisiknya setelah TC ini.

“Catatannya, mereka harus tetap jaga kondisi, saat libur TC dan kembali ke klub masing masing. Fisik juga memang harus lebih kita genjot kembali nantinya,” tegasnya. Sebelumnya pasukan Bima Sakti mengikuti turnamen bertajuk trofeo yang melibatkan PSS Sleman U16 danPenajam Paser Utara Kaltim. Pada trofeo ini Garuda Mudasukses menahan imbang Sleman U16 0 0, dan menang melawan Penajam Paser Utara Kaltim dengan skor telak 4 0 pada Sabtu (22/2/2020).

"Mereka menunjukkan progres positif selama pemusatan latihan di Yogyakarta. Sejak kami latihan dari hari Senin kemarin, semangat mereka untuk maju dan berkembang terlihat." "Untuk pemain baru juga menunjukkan kemajuan yang pesat, terutama kiper baru kami," buka Bima Sakti usai trofeo dilansir dari laman resmi PSSI. Namun, bagi Bima, masih ada sedikit catatandalam hal transisi yang belum sepenuhnya berjalan dengan baik. "Mereka harus bisa lebih cepat merespon serangan balik lawan. Harus segera melakukan transisi positif dan negatif lebih cekatan lagi."

"Kalau tidak mau hilang momentum saat menyerang maupun bertahan," jelasnya. "Saya perjelas lagi, bahwa hasil bukan yang kami cari dari setiap uji coba atau trofeo yang kami lakukan." "Tapi lebih melihat progres masing masing pemain dalam menyerap ilmu dan pelajaran yang saya dan staf pelatih berikan," lanjutnya. Hasil dari trofeo ini menunjukkan kalau tim ini punya potensi besar dan siap dalam pertandingan apapun.

Pemusatan latihan akan terus mereka lakukan secara berkaladan sudah mereka mulai dari bulan Januari, hingga nanti turnamen berlangsung. PSSI menargetkan Garuda Mudameraih juara Piala AFF U 16 dan menembus babak perempat final Piala AFC U 16 2020. Garuda Muda akan kembali menjalani pemusatan kembali di Bekasi pada 9 Maret 2020

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *