Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi mencermati perilaku masyarakat Ibu Kota setelah dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus Corona atau Covid 19 (Coronavirus Disease 2019). Budi Arie mengungkapkan, sebagian masyarakat Jakarta menyerbu tempat tempat perbelanjaan untuk memborong makanan. Mereka seolah berpikir bahwa Jakarta segera terisolasi karena virus Corona sehingga tak ada pasokan makanan.

“Jangan panik, kita memiliki ahli ahli dan penanganan intensif sedang dilakukan secara masif oleh pemerintah,” kata Budi Arie di Jakarta, Rabu, (4/3/2020). Budi menyarankan, ada baiknya masyarakat Jakarta mulai meniru perilaku warga desa yang hidup sehat dan rajin olahraga. “Tidak perlu berlebihan. Makan cukup, makan sayur, olahraga, dan banyak bersyukur,” ujarnya.

Menurutnya, yang paling penting dalam mencegah terjangkit virus Corona adalah menjaga tubuh tetap sehat. Virus masuk ke dalam tubuh yang sedang tidak fit. Kesehatan tubuh, lanjut Budi, juga sangat dipengaruhi oleh kondisi kejiwaan atau tingkat stres.

Maka Budi Arie meminta masyarakat tidak ikut menyebarkan ketakutan yang berlebihan mengenai serangan virus Corona. “Kalau kejiwaannya stres, kondisi tubuh justru lemah dan kurang sehat. Bahaya,” kata Wamendes Budi Arie.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *