4 Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Pasar otomotif Indonesia semakin diramaikan dengan berbagai tipe mobil terbaru dari berbagai brand terkemuka. Mobil berdaya angkut banyak, seperti mobil bekas Toyota Rush masih menjadi pilihan banyak konsumen Indonesia. Ada dua tipe mobil yang punya daya angkut besar dan konfigurasi hampir sama, yaitu SUV dan MPV. Namun, masih banyak konsumen yang tidak dapat membedakan kedua tipe mobil ini.

Perbedaan SUV dengan MPV

Meskipun punya konfigurasi yang serupa, tapi kedua jenis mobil ini punya perbedaan mendasar. Bagi Anda yang tertarik membeli mobil dengan kapasitas besar, tapi masih bingung membedakan antara SUV dengan MPV, simak perbedaannya berikut ini.

1.     Desain dan Model

SUV merupakan model mobil yang berasal dari perpaduan sedan dan jip sehingga memiliki bodi besar serta ground clearance tinggi sedangkan MPV adalah tipe minivan, mobil perkotaan yang dapat mengangkut banyak penumpang.

2.     Performa di Jalanan

Mobil bekas Toyota Rush merupakan salah satu contoh SUV, tipe mobil ini diciptakan agar mampu menembus berbagai kondisi jalanan. Mulai dari wilayah perkotaan dengan aspal mulus dan lalu lintas padat hingga jalanan berbatu, terjal, maupun berlubang-lubang.

 

Sedangkan tipe MPV merupakan jenis mobil yang tidak bersahabat dengan kondisi jalan terjal, berbatu, maupun berlubang-lubang. MPV lebih nyaman dan stabil dilajukan di jalanan perkotaan.

3.     Penggolongan

Mobil SUV digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu low SUV (LSUV) dan SUV. Sedangkan untuk MPV digolongkan menjadi 3 segmen, low MPV, MPV, dan upper MPV. Segmen LMPV merupakan yang paling laku di pasaran, hampir semua produsen mobil di Indonesia memproduksi jenis ini.

4.     Kenyamanan Penumpang

SUV didukung dengan suspensi berkarakter keras dengan kabin luas dan tempat duduk yang nyaman membuat penumpang akan tetap merasa nyaman saat berkendara walaupun di kondisi jalan yang tidak rata.

 

MPV juga memberikan kenyamanan pada penumpang dengan kabin luas dan tempat duduk berbahan material yang nyaman. Hanya saja, kenyamanan ini akan terganggu ketika berada di jalanan yang tidak rata.

 

Pada intinya, kedua jenis mobil ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memilih mobil bekas Toyota Rush akan menjadi pilihan tepat bagi Anda yang tidak memiliki budget cukup. Toyota Rush merupakan mobil LSUV yang cocok di berbagai medan dan ramah pada penumpang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *