Rachmawati Kekeyi beberkan aktivitasnya selama berada di rumah saja sebagai antisipasi penularan virus corona (Covid 19). Selama di rumah,kata Kekeyi,sibuk memberi makan ayam peliharan. "Saat ini sibuk kasih ayam makan, montok montok dan gembul gembul ayam aku," kata Kekeyi dalam live Instagram, Rabu (17/8/2020).

Selain itu, Kekeyi juga disibukkan dengan membuat berbagai video untuk sosial media Instagramnya. Tak hanya itu, pelantun lagu "Keke Bukan Boneka", ini mulai belajar masak masakan barat bersama ibunya. "Aku juga sibuk bikin video video di rumah dan satu lagi aku jadi belajar masak," ucap Kekeyi.

"Dulu kan aku bisanya cuman masakan Jawa, tapi sekarang aku udah bisa masak spaghetti, burger, udah bisa alhamdulillah," terangnya. Sempat mengurung diri dan vakum beberapa hari dari media sosial, karena lagunya dibully netizen. Kekeyi kini kembali muncul dan psikologisnya sudah lebih baik. Ia sempat mengunggah curahan hatinya yang merasa down dengan hujaran netizen karena polemik yang ada pada lagu terbarunya itu.

Video musik "Keke Bukan Boneka" saat ini sudah hilang di YouTube. Diketahui video tersebut sudah ditake down sejak Kamis (4/6/2020) malam. Kekeyi pun ikut angkat bicara soal video musiknya yang ditake down pihak YouTube karena dianggap melanggar hak cipta. Dalam keterangan dari pihak YouTube di video tersebut, video Kekeyi itu di take down karena diklaim oleh Rinni Idol Aku Bukan Boneka.

"Saat ini aku ingin belajar ikhlas, dan aku belajar untuk menerima serta aku ingin menghilangkan trauma dalam diriku," tulis Kekeyi di insta story pribadinya, Jumat (5/6/2020). Kekeyi mengaku selama seminggu ia ketakutan saat menghadapi komentar komentar warganet terkait lagu tersebut. Ia pun meminta waktu untuk sendiri demi menenangkan diri. "Karena sudah satu minggu aku dalam rasa deg degan yang amat sangat. Biarkan aku termenung sahabat. Tolong jangan ganggu saya dulu,," lanjutnya.

Video musok "Keke Bukan Boneka" dirilis pada Jumat, 29 Mei 2020. Baru sehari diunggah, video klip itu bertengger di posisi satu Trending YouTube. Dan hingga sebelum ditake down piham YouTueb, video Kekeyi sudah disaksikan lebih dari 17 juta viewers. Video musik tersebut kemudian menjadi bahan perbincangan karena ada part yang dianggap menjiplak lagu "Aku Bukan Boneka" yang dibawakan Rinni Wulandari

Pencipta lagu "Aku Bukan Boneka", Novi Umar bersuara dan memperingatkan Kekeyi. Namun sang YouTuber itu mengatakan ia tidak merasa menjiplak karya siapapun. Tak lama setelah menghilangnya video Keke Bukan Boneka, Rinni Wulandari memberikan klarifikasi melalui instagram pribadinya, pelantun "Aku Bukan Boneka" itu meluruskan tudingan warganet padanya.

"Terkait dengan di take down nya lagu Keke Bukan Boneka adalah di luar wewenang aku. Semua adalah keputusan label @sonymusicid @noviumar81 selaku pemilik hak cipta dari Aku Bukan Boneka, yang mana Sony Music sekarang bukan label aku," jelas Rinni Wulandari dalam Instagramnya, Jumat (5/6/2020). "Kenapa ada tulisan "Copyright claim by Rini Idol Aku Bukan Boneka"? Nah video yang kena takedown sama YouTube selalu mencatut judul lagu dan penyanyi aslinya. Jadi nama dan aku beserta judul lagunya tercantum di situ," lanjutnya. Sekedar info, beberapa hari lalu warganet berpendapat lagu Kekeyi memiliki kemiripan dengan lagu "Aku Bukan Boneka" yang dibawakan Rini Idol. Lagu tersebut muncul sejak 2007 dan jadi hits pada masanya.

Saat itu warganet mengira Rinni Wulandari melakukan panjat sosial alias pansos lantaran ikut mempermasalahkan lagu tersebut. Bagi Rinni, urusan lagu Kekeyi yang dianggap sama dengan lagunya menjadi urusan pencipta lagu dan label terkait. Rinni juga sudah memberikan klarifikasi bahwa bukan dirinya yang mengajukan klaim ke pihak YouTube.

Masalah hak cipta sudah menjadi urusan label pemilik lagu itu dan sang pencipta lagu.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *