Apple tidak mau kalah dengan para kompetitor Android-nya di dunia smartphone, dengan akan diperkenalkannya kamera periskop yang belakangan ini populer terpasang di smartphone flagship.

Namun melansir The Verge yang mengutip pernyataan analis teknologi Ming-chi Kuo, teknologi ini baru ada di iPhone tahun 2022 mendatang.

Komponen dari kamera periskop ini akan dipasok oleh Semco, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang tahun ini juga jadi mitra suplai Apple untuk motor autofokus kamera.

Kamera periskop sendiri adalah cara untuk memungkinkan adanya panjang fokal (focal length) yang tinggi di kamera smartphone, sehingga kamera bisa menjangkau jarak yang jauh tanpa kehilangan kualitas. Hal ini diraih dengan menggunakan prisma dan cermin di perangkat untuk memantulkan dan memfokuskan cahaya ke sensor.

Kamera semacam ini awalnya diawali trennya oleh Oppo dan Huawei, lalu kini Samsung Galaxy S20 Ultra telah mengusungnya juga.

Meski demikian, Apple adalah pabrikan smartphone pertama yang memperkenalkan lensa telefoto di smartphone, tepatnya di iPhone 7 Plus pada 2016 lalu. Nah hal ini jadi tren hingga jadi standar di hampir semua smartphone di segala harga.

Apple diprediksi tidak akan terlalu ekstrem dengan lensa periskopnya. Nanti pada tahun 2022, kemungkinan Apple hanya akan mengusung jangkauan 5X.

Hal ini terbilang sederhana mengingat Huawei P40 Pro Plus saat ini saja mengusung lensa periskop dengan jangkauan zoom 10x.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *