Fitur immobilizermenjadi salah satu teknologi pengembangan sistemkeamananmobil dari tindak kejahatan. Teknologi immobilizermobil akan menghidupkan mesin ketikasensoryang berada di dalam mobil mendeteksifrekuensidari remoteyang sesuai. Tanpa ada kerusakan, ada beberapa kasus mobil yang tidak bisa menyalakarena sensor immobilizer mendadaktidak aktif.

"Biasanya mobil sulit dinyalakan waktu parkir di dekat menara Base Transceiver Station (BTS) sebagaifrekuensisinyalalat komunikasi," terang Raymond kepada GridOto.com. Menurut Raymond, menara BTS menghasilkangelombangelektromagnetik dengan kekuatan yang cukup tinggi, cukup untuk mengacaukansinyalfrekuensiradioimmobilizer. "Sinyaltransponder di dalam remote jadi error atau terhalang dan tidak bisa dideteksi receiver di dalam mobil," ujar Raymond.

Selain dari menara BTS, bagi pemilik mobil denganimmobilizeryang parkir di area dekat alat jammer juga akan kesulitan untuk menyalakan mobil. "Jammer biasa dipakai oleh orang tertentu atau area yangrestricted, sifatnya mengacaukansinyaldi sekitar supaya tidak ada penyusup atau penyadap" jelas Raymond. Sedangkanimmobilizermengandalkanfrekuensiradio dari transponder yang juga akan ikut 'diacak' oleh jammer sehingga receiver tidak bisa menangkapsinyal.

"Antara transponder dengan receiver, baik salah satu atau keduanya tidak ketemu dan tidak cocok otomatis komputer tidak akan mengaktifkan sistem pembakaran mobil, mobil tidak akan menyala," ujar Raymond.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *