Psikolog asal Kota Malang, Hudaniah, membagikan pandangannya terkait Siti Fauziah pemeran Bu Tejo dalam film "Tilik" yang mengaku pernah menangis karena bully netizen. Perempuan yang menjabat sebagai Kepala UPT Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini memandang, tangisan tersebut adalah hal yang biasa untuk melepaskan emosi. Hudaniah melanjutkan, seseorang yang tidak bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan justru berbahaya.

Menurutnya, Tuhan sudah memberikan air mata untuk meluapkan perasaan manusia. Kemudian, tangisan Bu Tejo juga dianggap hal yang dapat dimaklumi karena adanya faktor gender. "Beliau juga seorang perempuan, masyarakat menilai wajar dengan itu (tangisan tersebut)."

"Berbeda jika laki laki yang menangis, muncul pertanyaan, terlihat maskulin kok nangis. Kalau perempuan kan feminim," kata Hudaniah menyampaikan pendapatnya. Hudaniah menjelaskan, setidaknya ada dua cara seseorang dalam menyesuaikan diri terhadap gejolak emosionalnya. Pertama adalah emosional fokus koping dan kedua problem fokus koping.

"Biasanya seseorang respon pertama orang menyesuaikan diri dengan cara emosional fokus koping." "Dia akan syok, kemudian nangis, curhat ke orang, ada rasa sedih, tidak enak makan. Itu semua adalah reaksi stres," ujar Hudaniah. Terkait dengan dua cara di atas, Hudaniah memberikan saran untuk 'Bu Tejo'.

Ia menekankan pentingnya kehadiran orang orang terdekat, mulai dari keluarga hingga kru film untuk mendukung Siti Fauziah. Sehingga, awalnya yang menggunakan cara emosional fokus koping berubah menjadi problem fokus koping. "Berorientasi kepada masalahnya. Jika masalahnya terkait dengan peran. Penting adanya edukasi kepada masyarakat apa yang dilakukan Bu Tejo sebatas peran di layar kaca saja."

"Bisa juga mengangkat sisi sisi positif dalam kehidupan keseharian Siti Fauziah yang berlum pernah terungkap." "Jadi apa yang dilakukan Bu Tejo itu hanya sebatas image di dunia peran," beber Hudaniah. Siti Fauziah pemeran Bu Tejo dalam film "Tilik" mengaku pernah menangis karena di bully netizen.

Ia mengaku sakit hati karena ucapan netizen tentang dirinya dan film "Tilik" yang beberapa hari terakhir ini viral. "Lah iya sakit hati, orang aku nangis berhari hari, abis itu kan nggak apa apa," ungkapnya. Padahal, selama ini orang mengetahui sosok Siti Fauziah adalah perempuan yang ceria dan gemar menghibur orang orang di sekitarnya.

Ia pun mengatakan tetap sama seperti orang pada umumnya yang masih bisa mersakan sakit hati karena hujatan atau bully an. "Yaa kepengaruh kan aku juga orang biasa sama kayak kalian, bedanya sekaramg banyak kerjaan aja," ujarnya. Siti membeberkan apa saja hujatan atau bullyan dari warganet padanya, hingga membuatnya menangis.

"Katanya film kita gak worth it buat ditonton. Terus film kita gak mendidik, terus film kita stereotip perempuan yang suka nyinyir, tapi yaudah gapapa," terangnya. Bagi Siti Fauziah viralnya film "Tilik" adalah berkah dari pandemi virus corona. Sebab, film tersebut sudah diproduksi sejak tahun 2018. Di unggah ke YouTube pada 17 Agustud 2020, film "Tilik" langsung menarik perhatian masyarakat dan dalam sehari langsung menjadi tranding topik di Twitter.

Sosok yang menjadi sorotan adalah tokoh Bu Tejo yang diperankan oleh Siti Fauziah. Namanya pun kini melejit berkat aktingnya sebagai Bu Tejo. Siti Fauziah mengaku kaget karena dirinya tiba tiba populer setelah film "Tilik" viral.

Viral pertama kali melalui sosial media Twitter, Siti Fauziah mengaku orang pertama yang memberitahu dirinya adalah sang suami. Kala itu, Siti yang sedang membersihkan rumah sempat tak menggubris ucapan suaminya yang memberitahu bahwa dirinya sudah viral. "Waktu itu kaget, aku itu kan nggak punya Twitter, waktu itu aku lagi beres beres rumah, terus aku dibilangin kalau aku viral," kata Siti Fauziah dalam live Instagram, Jumat (21/8/2020) lalu.

"Suamiku yang ngasih tahu dia bilang 'ini loh sampe trending topik' aku masih bilang ‘ah biarin' gitu," ujarnya sembari tertawa. Kini dalam beberapa hari saja, media sosial Instagram nya sudah kebanjiran followers yang penasaran pada sosoknya. "Terus sekarang banyak yang follow pas di Instagram, followers aku langsung naik," ucapnya.

"Dari 400 followers sekarang udah 8.000," beber Siti Fauziah. Siti Fauziah turut merasakan dampak dari viralnya film "Tilik" yang diproduksi sejak tahun 2018 untuk festival film dan baru diunggah ke YouTube sekitar sepekan yang lalu. Memerankan karakter Bu Tejo, nama Siti Fauziah kini menjadi idola baru.

Siti Fauziah dianggal natural memerankan sosok ibu ibu yang gemar bergosip.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *