Setelah berbulan-bulan menunggu dan terpapar deretan rumor, akhirnya Samsung Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra resmi diperkenalkan. Sama seperti generasi sebelumnya, ini adalah phablet dengan kemampuan luar biasa di aspek produktivitas, didukung adanya S Pen dan spesifikasi canggih.

Smartphone ini diperkenalkan dalam acara Galaxy Unpacked 2020 yang diadakan secara virtual, berbarengan dengan perkenalan beberapa gadget lainnya.

Dari segi desain, Note 20 dan Note 20 Ultra mengusung bahasa desain yang elegan dengan bentuk yang mengotak. Bagian belakangnya mengusung sentuhan ala matte glass dengan layar bagian depan mengusung bezel super tipis.

Di bagian belakang, aspek paling mencolok tentu adalah modul kamera di bagian kiri atas yang mengakomodir tiga buah kamera.

Jika dibandingkan dengan generasi Note tahun lalu yang mengusung warna flashy yang oleh Samsung diberi nama Aurora, kali ini Note 20 Series membawa aspek warna yang lebih dewasa, dengan warna unggulan yakni bronze atau perunggu.

Layar

Dari aspek layar, kedua smartphone ini mengusung panel AMOLED, namun Note 20 Ultra punya layar yang jauh lebih superior. Varian Ultra mengusung resolusi 1440 x 3200 WQHD+, sementara varian regularnya mengusung 1080 x 2400 FHD+. Hal ini membuat Note 20 mengusung 393 piksel per inci, sementara varian Ultra mengusung 511 piksel per inci.

Tak cuma soal ketajaman, layar martphone ini juga punya kecepatan refresh yang tinggi, di mana mengusung layar 120Hz. Sayangnya fitur ini hanya ada di varian Ultra.

Tak lupa, terdapat lubang layar Infinity O display yang mengakomodir adanya kamera depan untuk selfie.

Performa

Soal spesifikasi, Note 20 dan Note 20 Ultra mengusung prosesor Exynos 990 yang merupakan chip berteknologi 7 nanometer. Prosesor ini dipadu pilihan RAM 8GB atau 12GB, dengan varian storage 128GB hingga 512GB.

Meski mengusung prosesor yang sama, perbedaan varian regular dan Ultra terletak di kecepatan clock, di mana Note 20 mengusung 2,7GHz, sementara Note 20 Ultra 3.0GHz.

Kedua smartphone ini mengusung konektivitas 5G, namun tergantung pasar dan lokasinya. Di Indonesia, nampaknya dua model smartphone ini hanya akan tersedia dalam varian 4G. Perlu dicatat, model 4G hanya akan mengusung RAM varian 8GB, tanpa ada yang 12GB.

Kamera

Kamera Galaxy Note 20 Ultra mengusung tiga buah kamera dengan kamera utama 108MP, kamera ultra wide 12MP, serta kamera telefoto 12MP. Kamera telefoto ini mengusung fitur periskop yang dapat dizoom optikal sejauh 5x.

Sementara untuk Note 20, terdapat konfigurasi serupa namun berbeda di sensor. Terdapat 12MP kamera utama, 12MP ultra wide, dan 64MP telefoto.

Kedua modul kamera ini dilengkapi stabilisasi optikal yang sangat berguna untuk mengambil video yang mulus tanpa goyang, terlebih lagi di kondisi minim cahaya yang membuat gambar mudah blur.

Kamera di kedua smartphone ini juga mumpuni untuk mengambil video sinematik, dengan kemampuan merekam 8K di 24FPS yang dipadu full pro mode untuk ganti setting secara manual.

Soal kamera depan, terdapat kamera selfie sebesar 10MP yang dilengkapi juga dengan dual pixel autofocus.

S Pen yang Makin Canggih

Stylus besutan seri Galaxy Note ini makin canggih dengan ditambahkannya fitur prediksi berbasis AI yang membuat penulisan dengan S Pen jadi lebih cepat, layaknya menulis atau menggambar di kertas secara realistis.

Terdapat pengembangan di sensor gyroscop dan juga acceleration yang membuat sensivitas, pergerakan, dan kemiringan S Pen makin peka sehingga makin natural.

Ketersediaan dan Harga

Pre-order untuk dua perangkat Galaxy Note 20 Series dapat diakses melalui situs resmi Galaxy Launch Pack.

Pada pemesanan pre-order ini, konsumen yang membeli Galaxy Note 20 akan mendapatkan voucher untuk Galaxy Buds Plus dan konsumen yang membeli Galaxy Note 20 Ultra memperoleh voucher Galaxy Buds Live.

Selain dari situs resmi Samsung, pemesanan pre-order juga dapat dilakukan melalui sejumlah e-commerce resmi Samsung yakni Lazada, JD, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka, Dinomarket, dan Global Teleshop.

Soal harga, berikut rinciannya:

  • Samsung Galaxy Note 20 8/128: Rp14.499.000
  • Samsung Galaxy Note 20 Ultra 8/256: Rp17.999.000
  • Samsung Galaxy Note 20 Ultra 8/512: Rp19.999.000
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *