Baru baru ini jagat media sosial dihebohkan oleh kelakuan seorang YouTuber yang meminta orang untuk membatalkan puasanya. Tak tanggung tanggung, YouTuber ini memberikan Rp 10 juta bagi siapa saja yang mau membatalkan puasa mereka. YouTuber tersebut bernama Muhammad Hasan Abdillah, pemilik akun YouTube hasanjr11.

Hasanjr11 menggunggah video aksinya yang menawarkan makanan pizza ke beberapa warga agar membatalkan puasanya. Setelah warga memakan, dia berjanji akan memberikan uang Rp 10 juta lantaran telah membatalkan puasanya. Konten itu pun membuat hasanjr11 dihujat netizen.

Tak lama, ia kemudian meminta maaf. Permintaan maaf itu ia sampaikan melalui unggahan Instagram nya, @hasanjr11. "Saya hasanjr11, saya mau minta maaf ke seluruh masyarakat atas salah satu video YouTube saya yang tidak pantas," kata Hasanjr11, Selasa (28/4/2020).

Dalam video tersebut, dia mengakui konten YouTube yang dia buat menjadi perbincangan. Ia mengakui, ide gila tersebut murni kesalahannya. "Saya mengakui kalau itu 100 persen kesalahan saya pribadi dan tidak mau ada kebenaran karena saya memang salah," ucapnya.

Ia berjanji tidak akan membuat konten video serupa ke depannya. "Jadi pembelajaran buat saya untuk tidak membuat video seperti ini dan memperbaiki konten saya. Saya minta maaf sekali lagi," kata hasanjr11. Video itu sendiri telah dihapus oleh akun YouTube hasanjr11 yang memiliki 4,95 juta subscriber.

Namun, beberapa akun YouTube lain telah menyimpan dan memuat ulang video tersebut. Lalu, siapa sebenarnya hasanjr11? Namanya adalah Muhammad Hasan Abdillah.

Dia lahir di Purworejo, 17 November 1997. Dalam tayangan Rumpi Trans TV edisi 30 Oktober 2018 yang dipandu Feni Rose, Hasan disebut berkuliah di Yogyakarta. Tapi, karena fokus ingin membuat konten, Hasan meninggalkan kuliahnya di Jurusan Teknik Elektro selama 3 semester.

Namanya mulai dikenal sejak mengunggah konten parodi KPop di akun Instagram pribadinya. Videonya, sempat memenangkan kontes situs dunia 9gag, dan memenangkan hadiah 100.000 dolar AS serta undangan ke New York. Tapi, ia tak bisa berangkat karena visanya ditolak.

Dia dikenal menggapai popularitas dan viral di YouTube lewat konten menggoda cewek bule. Hasan pun sempat mengatakan, semua konten menggoda cewek bule yang membuat dia viral itu, semuanya merupakan settingan belaka. Akun YouTube yogais official menyebut, Hasan memulai karirnya sebagai konten kreator dari nol.

Bahkan, ponsel saja awalnya pinjam. Menurut yogais official, dengan jumlah subscriber dan viewers di videonya, Hasan bisa menghasilkan uang paling sedikit sekitar 68 juta per bulannya. Dalam salah satu videonya, Hasan sendiri pernah menunjukkan slip transfer, untuk menunjukkan berapa uang yang dia terima dari YouTube.

Saat itu ia menunjukkan pendapatan bulanan yang ia terima di kisaran Rp 120 juta per bulan. Meski, angka ini akan naik turun tergantung dari jumlah view yang diperoleh Hasan setiap bulannya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *