4 Keutamaan Membaca Al Quran sebagai Rutinitas Umat Muslim

Membaca ayat demi ayat Al Quran menjadi salah satu ibadah yang akan mendapat keberkahan juga janji pahala dari Allah SWT. Mempelajari ayat-ayat Al Quran menjadi salah satu amalan utama yang sangat disukai oleh Sang Pencipta. Ada banyak sekali keutamaan membaca Al Quran yang bisa dirasakan oleh umat muslim.

Rutinitas Membaca Al Quran

Selain menjalankan shalat lima waktu, membaca Al Quran juga seharusnya menjadi rutinitas bagi umat muslim. Ini menjadi suatu amalan yang akan menguntungkan baik di dunia juga di alam akhirat. Berikut adalah 4 keutamaan yang bisa didapatkan dari aktivitas membaca Al Quran:

1.     Penolong di Hari Kiamat

Membaca Al Quran akan menjadi penolong bagi umat muslim di hari kiamat. Saat kiamat tiba maka tak ada yang bisa menolong manusia melainkan amalan selama di dunia. Melantunkan Al Quran menjadi salah satu penolong yang akan mempermudah manusia di akhir zaman.

2.     Menjadi Manusia yang Sebaik-baiknya

Keutamaan membaca Al Quran berikutnya adalah menjadikan umat muslim sebagai sebaik-baiknya manusia. Menurut HR. Tirmidzi, orang yang mempelajari Al Quran serta mengajarkannya maka akan menjadi sebaik-baiknya manusia. Jadi, jangan hanya membaca Al Quran untuk diri sendiri tapi berusahalah untuk mendalaminya dan mengajarkannya pada orang lain.

3.     Disandingkan dengan Malaikat

Menurut HR. Bukhari Muslim, disebutkan bahwa orang-orang yang mahir dalam membaca Al Quran akan bersama dengan malaikat. Membaca ayat-ayat suci Al Quran sebagai rutinitas akan membuat kita semakin lancar dan mahir. Ini akan menjadi peluang bagi manusia untuk disandingkan dengan malaikat di kehidupan setelah kematian kelak.

4.     Ditingkatkan Derajatnya oleh Allah

Mereka yang membaca Al Quran akan ditingkatkan derajatnya oleh Allah. Hal ini diketahui lewat HR. Muslim yang menyatakan Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum lewat Al Quran. Jadikan Al Quran sebagai penuntun hidup sehingga derajat manusia akan diangkat oleh Allah di dunia juga akhirat.

 

Itulah 4 keutamaan membaca Al Quran sebagai rutinitas. Jangan ragu untuk mulai membiasakan diri membaca kitab suci ini secara rutin. Terus pelajari dan resapi setiap makna ayat-ayat Al Quran demi mendapat kedamaian dan keutamaan dari Allah SWT.

Sumber:

https://www.merdeka.com/trending/inilah-keutamaan-membaca-al-quran-dalam-hadits-rasulullah-jangan-terlewatkan-kln.html?page=all

https://kemenag.go.id/read/keutamaan-membaca-al-qur-an-9n4na

https://www.republika.co.id/berita/qrdkf1335/keutamaan-membaca-alquran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *