Saat ini pemerintah menganjurkan untuk menggunakan masker setiap keluar rumah. Namun karena stoknya menipis dengan harga jual tinggi membuat orang lebih memilih menggunakan masker kain. Tak mengherankan jika kini banyak sekali orang yang jual masker kain dengan berbagai model. Ini dia beberapa alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan masker kain.

  1. Masker Kain Lebih Ramah Lingkungan

Lain halnya dengan masker medis atau masker sekali pakai, masker kain cenderung lebih ramah lingkungan karena dapat digunakan berulang kali. Inilah alasan pertama mengapa Anda harus mulai menggunakan masker kain. Anda bisa menggunakannya berulang kali dengan cara mencucinya sampai bersih. Tak hanya ramah lingkungan tapi juga lebih hemat bukan?

  1. Masker Kain Jauh Lebih Hemat

Tak hanya lebih ramah lingkungan, masker kain juga cenderung lebih hemat dibandingkan dengan masker sekali pakai. Pemakaiannya dapat digunakan berulang kali dengan cara mencucinya setelah digunakan selama kurang lebih 4 jam. Hal ini disebabkan karena masker kain tidak seefektif masker bedah untuk menyaring berbagai virus penyebab penyakit.

Tak hanya itu saja, masker kain juga lebih menyerap air sehingga percikan droplet dapat terserap dan bertahan lebih lama dalam masker. Untuk itu pastikan Anda mencuci masker kain dengan benar. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mencucinya menggunakan detergen, keringkan dengan benar, kemudian setrika agar kering dan bersih maksimal.

  1. Mendukung UKM yang Memproduksi Masker Kain

Pada umumnya masker kain diproduksi oleh industri kecil atau UKM. Dengan membeli masker kain secara tidak langsung maka Anda ikut membantu roda perekonomian usaha kecil di Indonesia. Mengingat masker kain diproduksi oleh UKM skala kecil, maka bentuk dan motifnya cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan selera Anda.

  1. Masker Kain Mudah Didapat

Alasan selanjutnya mengapa Anda harus mulai menggunakan masker kain karena masker kain cenderung mudah didapat dibandingkan dengan masker medis sekali pakai. Di tengah kelangkaan masker medis, masker kain dapat menjadi solusi tepat yang bisa Anda pilih agar tetap terlindungi saat berada di luar rumah.

Pastikan Anda memilih masker kain berbahan katun karena memiliki tenunan yang tinggi agar mampu menyerap partikel lebih efektif. Selain itu jangan lupa gunakan masker kain minimal 2 lapis ketika hendak bepergian ke luar rumah.

  1. Agar Petugas Kesehatan Tidak Kekurangan Masker Medis

Kelangkaan masker membuat orang yang seharusnya membutuhkan masker medis justru kesulitan untuk mendapatkannya. Misalnya petugas kesehatan dan orang rumah sakit. Jadi ada baiknya Anda sekarang mulai menggunakan masker kain agar masker medis menjadi jatah mereka yang memang benar-benar membutuhkan.

Itu dia beberapa alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan masker kain dari sekarang. Meski menggunakan masker kain, Anda tetap bisa tampil fashionable dengan memesan masker fullprint dengan desain sendiri hanya di custom.co.id.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *