7 Jenis Media Sosial untuk Kembangkan Bisnis

Kemajuan era digital saat ini banyak membawa keuntungan dan kemudahan bagi manusia. Salah satu aspek yang mendapatkan banyak pengaruhnya adalah bisnis. Dengan terciptanya teknologi, bisnis pun dapat dengan mudah untuk berkembang pesat meraih kesuksesan.

Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan jenis-jenis media sosial. Hingga saat ini, banyak jenis-jenis media sosial yang seringkali digunakan sebagai teknik pemasaran. Kecanggihan jenis-jenis media sosial itu pun mampu menjangkau para pelanggan semakin luas dan tak terbatas.

Akibatnya, hasil dari bisnis yang ditekuni dapat melesat dan mencapai target. Pendapatan pun bisa meningkat berlipat-lipat. Maka dari itu, bagi Anda yang hendak membuka usaha baru, tak ada salahnya untuk mencoba peruntungan dengan menggunakan bantuan media sosial.

Untuk itu, perlu diketahui apa saja jenis-jenis media sosial yang berkembang saat ini dan banyak digunakan oleh masyarakat. Berikut ulasan selengkapnya seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. YouTube

Jenis-jenis media sosial yang pertama adalah YouTube. Siapa sangka, situs besutan tiga anak muda yang didirikan pada tahun 2005 ini berhasil menjajaki kesuksesan. Situs yang menduduki peringkat nomor dua dunia ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi video.

Fitur ini merupakan strategi pemasaran yang tepat bagi usaha Anda. Buat iklan dan promosi sedemikian rupa untuk menarik atensi para pelanggan melalui video unik yang diunggah pada kanal YouTube.

2. Instagram

Jenis-jenis media sosial yang tak kalah menariknya bagi banyak orang adalah Instagram. Situs ini pun juga berhasil merebut perhatian para penggunanya melalui fitur berbagi foto dan video singkat.

Untuk melebarkan sayap bisnis, Anda bisa membuat dan memasang berbagai foto ikonik dan menarik di laman akun Instagram. Raih keterlibatan banyak pengguna Instagram sebanyak-banyaknya melalui strategi pemasaran yang tepat bagi produk Anda.

3. Facebook

Jenis-jenis media sosial yang berikutnya adalah Facebook. Perusahaan media sosial milik Mark Zuckerberg ini pun juga masih terus menjanjikan pundi-pundi rupiah bagi banyak orang.

Tak heran, banyak para penggunanya yang juga berbisnis melalui Facebook. Caranya pun cukup mudah. Facebook memungkinkan penggunanya untuk berbagi cerita, link situs, gambar, hingga video.

4. Twitter

Berbeda dari jenis-jenis media sosial sebelumnya, Twitter bekerja dengan banyak menggunakan tulisan, foto, dan video. Umumnya, Twitter banyak digunakan oleh penggunanya lantaran memiliki fitur utas yang memungkinkan orang untuk berbagi tulisan panjang.

Selain itu, para pengguna juga dapat melihat topik terkini yang tengah hangat diperbincangkan. Hal ini bisa menjadi referensi Anda untuk menarik pelanggan menggunakan tulisan, foto, dan video.

5. Line

Jenis-jenis media sosial berikutnya adalah Line. Perusahaan media sosial asal Negeri Sakura Jepang ini juga tak kalah menariknya untuk dijadikan sebagai bagian dari strategi pemasaran bisnis.

Line memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi, membuat perkumpulan pengguna, membagikan foto dan video, hingga sticker unik yang memikat.

6. TikTok

Jenis-jenis media sosial selanjutnya adalah TikTok. Hingga saat ini, aplikasi unik tersebut berhasil merebut hati masyarakat Indonesia hingga mampu masuk ke dalam kategori 10 besar media sosial terpopuler.

Aplikasi yang dikembangkan perusahaan China ini dapat menampilkan berbagai video dengan serangkaian proses edit. Hasilnya pun tak kalah menarik dari beberapa fitur media sosial lainnya.

7. Snapchat

Berbeda dari yang lainnya, media sosial bernama Snapchat yang satu ini memberikan fitur dan kelebihan unik. Perusahaan asal Amerika yang mengembangkan aplikasi ini memberikan fitur penggunanya untuk berbagi video dan foto.

Pengguna lainnya pun langsung dapat membalas unggahan dengan tulisan dan gambar. Aplikasi ini tepat bagi Anda yang hendak memasarkan produk dan hendak berinteraksi langsung dengan pelanggan di luar sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *