Kasus pandemi virus corona atau covid 19 dilaporkan terus meningkat di berbagai negara. Hingga saat ini, lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia telah terinfeksi. Muncul di China pada Desember 2019 lalu, pandemi corona bisa terkendali pada akhir April, kata seorang ahli.

Mengutip dari hingga Jumat (3/4/2020) malam, total 1.034.163 orang di seluruh dunia telah terinfeksi. Virus corona telah mewabah di 204 negara dan 2 kapal internasional yakni Diamond Princess dan MS Zaandam. Sebanyak 220.025 orang dilaporkan telah pulih, sementara 54.465 orang meninggal dunia.

Beberapa waktu lalu World Health Organization (WHO) menetapkan status virus corona sebagai pandemi global. Sejumlah ahli telah memberikan prediksinya terkait penyebaran virus corona termasuk pakar pernapasan unggul di China, Zhong Nanshan. Zhong menyebut, pandemi virus corona bisa terkendali pada akhir April 2020.

Meski demikian, muncul pertanyaan atau ketidakpastian yang mungkin bisa terjadi. Ketidakpastian tersebut yakni apakah wabah virus corona lain akan kembali di musim semi mendatang. Zhong yakin, apabila setiap negara mamu melakukan langkah yang efektif dan agresif, maka virus corona kan terselesaikan.

Menurut Zhong, setelah akhir April nanti, tak bisa diprediksi apakah virus corona akan kembali di musim semi yang akan datang. Sementara, aktivitas virus diyakini akan berkurang di suhu yang lebih tinggi. "Setelah akhir April, tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti apakah akan ada wabah virus lain pada musim semi mendatang atau jika akan menghilang dengan cuaca yang lebih hangat … meskipun aktivitas virus pasti akan berkurang pada suhu yang lebih tinggi," katanya.

Meskipun demikian, Zhong tidak membeberkan bagaimana analisa prediksinya tersebut. Direktur Organisasi Kesehatan Dunia Program Kedaruratan Kesehatan, Mike Ryan menyebut, bahwa ada tanda tanda wabah stabil di Eropa setelah lockdown mulai diberlakukan. Sementara itu, Instut Metrik dan Evaluasi Kesehatan di Washington University menyebut, rumah sakit cenderung menghadapi puncak pasien covid 19 pada 19 20 April 2020.

Zhong kembali menegaskan bahwa kerja sama antara pemerintah di seluruh dunia dinilai penting untuk memerangi pandemi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *