Amalan buat Memantapkan Hati Doa Setelah Salat Istikharah Beserta Arti dalam Bahasa Indonesianya

Berikut doa sesudah sholat istikharah dengan artinya yang dirakum dari Buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap karya Drs. Moh. Rifa’i dapat diunduh . Sholat istikharah sendiri merupakan sholat dua rakaat untuk memohon kepada Allah ketentuan pilihan yang lebih baik di antara dua hal yang belum dapat ditentukan baik buruknya. Yakni apabila seseorang berhajat dan bercita cita akan mengerjakan sesuatu maksud, sedang ia ragu ragu dalam pekerjaan atau maksud itu, apakah dilakukan terus atau tidak.

Maka untuk memilih salah satu dari dua hal diteruskan atau tidak,disunahkan untuk melakukan sholat dua rakaat. Sholat istikharah waktu pelaksanaannya lebih utama jika dikerjakan seperti sholat tahajud, yakni di malam hari. Sesudah selesai shalat dengan sempurna kemudian terus berdoa dengan doa istikharah dan sesudah berdoa hendaklah memilih dalam hati, mana yang cenderung hati antara dua hal itu, berikut bacaan doanya:

“ .” Artinya:

Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan Mu dan hamba memohon dengan kemurahan Tuhan yang Besar Agung. Karena sesungguhnya Tuhan yang berkuasa, sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui bahwa persoalan ini baik bagi hamba, dalam agama hamba dan dalam penghidupan hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berikanlah perkara ini kepada hamba dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berilah keberkahan bagi hamba didalamnya. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui bahwa sesungguhnya hal ini tidak baik bagi hamba, bagi agama hamba dan penghidupan hamba, dan tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah hal ini dari pada hamba, dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah kebaikan dimana saja hamba berada, kemudian jadikanlah hamba orang yang rela atas anugerah Mu."

Keterangan: Waktu menyebutkan hal yang dimaksud dalam doa tersebut di atas, hendaklah disebutkan apa yang dimaksud persoalan itu. 1. Niat sholat Istikhoroh

Artinya: Aku niat sholat sunat istikhoroh dua rakaat karena Allah ta'alaa. Allahu Akbar 2. Takbiratul ihram.

3. Berdiri tegak bagi yang berkuasa ketika shalat fardlu. Boleh sambil duduk atau berbaring bagi yang sedang sakit. 4. Membaca surat Al Fatihah pada tiap tiap rakaat. 5. Ruku dengan thumaninah.

6. I’idal dengan thumaninah. 7. Sujud dua kali dengan thumaninah. 8. Duduk antara dua sujud dengan thumaninah.

9. Duduk tasyahhud akhir dengan thumaninah. 10. Membaca tasyahhud akhir. 11. Membaca shalawat Nabi pada tasyahhud akhir.

12. Membaca sulam yang pertama. 13. Tertib berurutan mengerjakan rukun rukun tersebut. 14. Membaca doa sesudah sholat istikharah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *