Berapa kira kira biaya yang dibutuhkan untukliburan ke Amerika Serikatuntuk 20 orang? Apakah lebih dari 1 miliar? Kami bertanya pada beberapaagen perjalananternama yang menyediakan paket perjalanan ke Amerika Serikat.

Setiap agen perjalanan memiliki harga yang berbeda sesuai dengan lama perjalanan, jadwal perjalanan, dan fasilitas yang diberikan. “Kalau kita punya produk Best Deal Rp 29,9 juta untuk satu orang. Itu harga untuk periode Maret 2020 dan untuk trip ke Amerika West Coast (area pantai barat Amerika Serikat),” ujar Vice President Brand and Communication Panorama Tour AB Sadewa ketika dihubungi Kompas.com lewat sambungan WhatsApp pada Minggu (5/1/2020). Menurut AB Sadewa, harga tersebut berlaku per orang dan sudah termasuk tiket pesawat, hotel, dan tur yang disediakan oleh pihak Panorama.

Durasi perjalanan adalah 10 hari dengan tujuan ke San Fransisco, Yosemite National Park, Visalia, Las Vegas, Bryce Canyon, Page, Antelope Canyon, Laughlin, Palm Springs, Anaheim, dan Los Angeles. Sementara untuk tujuan ke East Coast, harga paket mulai dari Rp 32 juta per orang dengan durasi perjalanan sembilan hari. Tempat yang akan masuk ke dalam itinerary atau jadwal perjalananadalah New York, New Jersey, Philadelphia, Washington, Harrisburg, Buffalo, Niagara Falls, Albany, dan Woodbury Outlet.

“Pada prinsipnya kita juga bisa link connect produk west east. Bulan Maret harganya mulai dari Rp 42 jut, tetapi biasanya enggak full board alias tidak semua makan siang dan makan malam dapat, juga di luar tips dan personal expenses (pengeluaran pribadi),” jelas AB Sadewa. Jika mengambil paket lengkap West Coast dan East Coast dari Panorama Tour seharga Rp 42 juta, maka biaya yang harus kamu keluarkan untuk grup terdiri 20 orang adalah sekitar Rp 840 juta. Hal yang sama diungkapkan oleh Ricky Hilton, Head of Marketing Communication Golden Rama Tours andTravel.

Ketika dihubungi lewat sambungan WhatsApp, Ricky mengatakan bahwa setiap paket perjalanan ke Amerika yang disediakan Golden Rama punya harga yang berbeda beda. “Varian produknya beragam. Harganya sendiri mulai dari Rp 22 juta. Tergantung kebutuhan konsumen juga. Misalnya pemilihan musim, jumlah hari, titik destinasi yang ingin dituju, hotel, transport, pesawat, dan makan,” jelas Ricky. Melihat informasi yang tersedia di situs resmi Golden Rama, terdapat beberapa varian paket perjalanan ke Amerika Serikat.

Misalnya, ada paket perjalanan 10 hari menuju West Coast dengan destinasi tambahan Antelope Canyon. Harga yang ditetapkan adalah Rp 22.888.0000 per orang. Selain itu, ada juga paket perjalanan 11 hari ke West Coast Amerika Serikat dengan destinasi tambahan Grand Canyon dan Disneyland seharga Rp 33.388.000 per orang.

“Itu memang harga untuk satu orang. Karena ini paket grup, biasanya keberangkatan minimum 15 pax .” Jika kamu mengambil paket perjalanan ke West Coast Amerika Serikat seharga Rp 33.388.000 per orang, maka biaya yang perlu kamu keluarkan ketika berangkat bersama anggota keluarga total 20 orang adalah sekitar Rp 667.760.000. Paket perjalanan ke Amerika Serikat memang terkenal sebagai salah satu yang mahal dibanding destinasi lain, mengingat mata uang dollar AS juga jauh lebih tinggi dari rupiah.

Jika bepergian ke Amerika Serikat dengan grup besar, harus menyiapkan bujet yang besar pula. Termasuk untuk pengurusan visa Amerika Serikat yang lebih mahal ketimbang visa negara lain. Sebelumnya, sempat beredar kabar yang viral di sosial media Twitter yang diunggah oleh akun @NNugie mengenai seorang influencer YouTubeyang melakukan request untuk mengatur trip keluarganya ke Amerika Serikat dengan jumlah peserta 20 orang.

Perjalanan tersebut akan memakan waktu 14 hari ke New York dan Los Angeles. Namun ketika pihak agen perjalanan tersebut melakukan follow up , pihak influencer tersebut meminta pembayarannya bisa menggunakan sistembarterdengan unggahan diInstagramdan Vlog YouTube mereka.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *