Contoh Teknologi Dalam Bidang Pendidikan

Teknologi merambah ke segala aspek kehidupan, termasuk juga ke dalam bidang pendidikan. Teknologi banyak memberikan manfaat pada dunia pendidikan di Indonesia.

Adapun, contoh penggunaan teknologi di bidang pendidikan sangat banyak, utamanya di tingkat pendidikan atas seperti misalnya SMA ataupun perkuliahan.

Lalu, apa saja sih contoh teknologi dalam bidang pendidikan itu. Di lansir dariĀ  berbagai sumber situs Berita teknologi, Berikut ini adalah beberapa contoh teknologi pendidikan.

Contoh Teknologi Bidang Pendidikan

1. E-Learning

Electronic learning atau biasa disingkat E-learning adalah media pembelajaran yang menggunakan komputer dan juga internet untuk pengaksesannya.

Dalam e-learning setiap siswa dapat mengakses pelajaran baik itu pelajaran dalam bentuk teks, gambar ataupun video yang diupload oleh para tenaga pengajar.

Adapun, umumnya E-learning sendiri berbentuk website. Setiap siswa yang terdaftar di sekolah akan diberikan akses tertentu untuk mengakses fitur-fitur yang disediakan, seperti misalnya pengunduhan materi pelajaran ataupun misalnya ujian berbasis online.

2. Blended Learning

Blended learning adalah salah satu metode pelajaran yang memungkinkan para siswa dan guru bertatap muka lewat perantara internet. Dengan blended learning siswa belajar secara online secara real time sama seperti pembelajaran di kelas.

Setiap siswa dapat mendengarkan pelajaran, mengajukan pertanyaan dan juga melakukan diskusi terhadap setiap materi yang dipelajari.

Pembelajaran jenis ini sudah sangat populer, terlebih setelah adanya pandemi Corona yang membuat aktivitas belajar mengajar secara langsung menjadi terbatas.

3. Perpustakaan Digital

Untuk membuat siswa memiliki semangat dan juga minat membaca, biasanya institusi pendidikan menyediakan perpustakaan dalam bentuk digital.

Dengan seperti itu siswa dapat mengunduh buku dan membacanya melalui perangkat laptop ataupun smartphone. Ini adalah salah satu terobosan dalam dunia pendidikan di tengah menurunnya minat siswa untuk datang ke perpustakaan.

4. Pendukung KBM

Selain yang telah disebutkan tadi, masih banyak teknologi dalam dunia pendidikan yang sering dipakai dalam kegiatan belajar mengajar di kelas seperti misalnya proyektor untuk memperlihatkan materi pelajaran, penggunaan alat peraga dalam bentuk elektronik, game edukasi dan lain sebagainya.

Demikian ulasan kali ini tentang berita teknologi dalam dunia pendidikan, untuk mendapatkan informasi teknologi lainnya yang terupdate kunjungi halaman https://ninjatekno.com. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.