Pandemi Covid 19 belum menunjukkan tren menurun, salah satunya golongan usia yang terkena dampak adalah anak anak. Berdasarkan data yang dirilis oleh Satuan Tugas Penanganan Covid 19 melalui situs resminya, terdapat 9.5% kasus positif pada rentang usia 0 18 tahun. Angka kematian pada rentang usia tersebut sebesar 3 persen.

Menurut Ikatan Dokter Anaka Indonesi (IDAI) angka kematian anak anak di Indonesia akibat Covid 19 termasuk yang tertinggi di kawasan Asia Pasifik. Saat ini RS Darurat Covid 19 Wisma Atlet Kemayoran disamping memberikan pelayanan rawat inap dan isolasi kepada pasien golongan dewasa juga memberikan pelayanan kepada pasien anak anak yg positif covid 19. Tidak hanya pelayanan kesehatan, anak anak juga harus mendapat dukungan psikososial.

Melva Elfrida Sihombing, dari Bidang Medis Tim Koordinator Relawan Satgas Penanganan Covid 19 mengatakan, program dukungan psikososial yang diadakan di RS Darurat Covid 19 Wisma Atlet dimaksudkan untuk meringankan beban mental anak anak yang menderita Covid 19. "Agar mereka bisa menjalani proses terapi penyembuhan medis secara optimal," kata Melva dalam keterangannya, Senin (5/10/2020). Saat ini, kata Melva anak anak ini berusia dari balita hingga 14 tahun, didampingi oleh tim psikologi dari tim Koordinator Relawan Satgas Penanganan Covid 19.

Ataupun anak anak mendampingi orang tuanya yang sedang dirawat, Untuk ini, Tango Drink dan tim Koordinator Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid 19 menyelenggarakan aktivitas yang dapat menghibur dan membantu anak anak tersebut mengurangi kejenuhan dan tingkat stresor. Mereka menyelenggarakan aktivitas mewarnai untuk sekitar 40an anak anak.

“OT Group, melalui brand Tango Drink, mengadakan aksi sosial korporasi yang difasilitasi oleh teman teman dari tim Koordinator Relawan Satgas Penanganan Covid 19 berupa acara mewarnai, sifatnya fun dan menghibur," kata Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group. Tango Drink juga memberikan produk minuman susu Tango Drink kepada anak anak tersebut. Tango Drink berbahan utama susu sapi segar, kaya akan kalsium yang mencukupi 45% kebutuhan harian kita dan juga mengandung 7 vitamin. Tim Koordinator Relawan Satgas Penanganan Covid 19 secara konsisten mendukung upaya upaya percepatan penanganan Covid 19, khususnya di RS Darurat Covid 19 Wisma Atlet, Kemayoran.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *