Sebagian besar dari kita pasti sering mendengar mitos mitos tentang pengisian daya baterai atau charging handphone. Seperti tentang charger yang harus bawaan handphone, tidak boleh mengisi daya selama semalaman, dan tidak boleh menggunakan handphone saat sedang diisi. Beberapa orang menganggap mitos mitos tersebut tidak masuk akal hingga mempertanyakan kebenarannya.

Beberapa orang mengklaim bahwa menggunakan pengisi daya yang berbeda untuk handphone yang berbeda akan mempengaruhi umur baterai. Kebenarannya, klaim tersebut tidak tepat, karena charger yang berbeda dapat berfungsi dengan baik asalkan bukan merupakan pengisi daya replika. Pengisi daya berbeda berfungsi sama baiknya dengan yang asli, performanya mungkin tidak optimal, tetapi daya tetap akan terisi dengan baik tanpa merusak baterai.

Mitos tentang pengisian baterai semalam akan memperpendek umur baterai sudah sering kita dengar. Orang orang berpikir bahwa pengisian daya sepanjang malam berbahaya bagi baterai. Akan tetapi, sesungguhnya baterai handphone telah dilengkapi fitur yang berfungsi memutus pengisian baterai.

Maksudnya, setalah mencapai batas maksimum pengisian daya, sudah 100 persen, handphone otomatis akan berhenti mengisi daya. Namun, itu tidak berarti kamu boleh mengisi baterai handphone sepanjang malam setiap hari. Menjaga handphone terisi daya antara 40% hingga 80% akan memungkinkan bateraimu bertahan lebih lama.

Ada kekhawatiran yang cukup besar tentang mitos 'seharusnya tidak menggunakan telpon saat sedang diisi'. Beberapa orang percaya bahwa ketika menggunakan handphone saat sedang diisi maka handphone akan meledak. Sebagian dari mereka mengatakan, meledaknya handphone karena pengguna tersetrum cahrger yang menyala.

Namun, sebenarnya menggunakan handphone saat diisi, tidak apa apa, asalkan penggunaanya dilakukan sesuai prosedur pabrik handphone. Menurut seorang ahli Apple, mematikan handphone dari waktu ke waktu akan memaksimalkan masa pakai baterai. Jadi, jika kamu adalah seseorang yang selalu menggunakan handphone, disarankan untuk mematikan telepon genggam di malam hari demi memperpanjang umur baterai.

Kebenarnnya, lebih baik mengisi daya secara berkala atau tidak menunggu sampai habis. Mitos bahwa handphone harus diisi hanya ketika benar benar habis sebenarnya salah. Jika kamu terus menerus membiarkan baterai terkuras hingga 0%, maka baterai menjadi agak tidak stabil.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *