Jarah Makanan di Rumah Hingga Rusak Tanaman Monyet Liar Buat Resah Warga Karangasem Bali

– Warga Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Bali diresahkan dengan kemunculan monyet (bojog) liar masuk permukiman. Seperti warga di Perumahan BTN Asri , Jalan Raya Ahmad Yani Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem merasa terganggu dengan kehadiran monyet liar tersebut. Warga Desa Tengganan, Kecamatan Manggis pun merasakan hal serupa.

Informasi di lapangan, Minggu 24 Januari 2021, bojog liar yang meresahkan warga ada 2 ekor. Bojog ukuran besar sering memasuki rumah warga saat siang dan malam hari. Mereka mengambil makanan seperti pisang ke dalam rumah.

Parahnya, ada beberapa kera liar yang merusak barang barang warga. "Hari selasa kemarin, kera liar itu sempat masuk rumah saya terus mengambil pisang di meja makan,"ungkap seorang netizen asal Kelurahan Subagan. Beberapa monyet liar juga ditemukan berkeliaran sekitar pepohonan di Kelurahaan Subagan, hingga Kelurahan Karangasem, Kecamatan Karangasem.

Di lokasi berbeda, kera liar juga sering ditemukan di sekitar Desa Tenganan Pegringsingan, Kecamatan Manggis. Selain merusak tanaman warga, gerombolan bojog liar sudah mulai masuk ke rumah serta dapur mengambil makanan. Kondisi ini terjadi hampir tiap tahun, serta meresahkan warga.

Tanaman warga di Tenganan Pegeringsingn yang sering dirusak bojog liar yakni pisang, rambutan, nanas, mangga, dan celuring. Tuak warga diatas pohon habis di minum. Daun serta bunga buah dirusak, sehingga berimbas terhadap pertumbuhan tanaman.

Kelakuan bojog sudah meresahkan warga. Warga sekitar menduga, bojog yang meresahkan warga yakni bojog liar yang turun dari bebukitan. Mungkin stok makanan di atas sudah habis dan turun ke bawah untuk mencari makanan.

Jumlah bojog yang turun tak banyak, bisa dihitung dengan jari. Warga berharap, monyet yang turun bisa ditangkap. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Karangasem, Nyoman Tari, membenarkan ada monyet yang berkeliaran di permukiman.

Petugas sudah melakukan pemantauan terhadap monyet liar yang berkeliaran di sekitar Kota. Dari hasil pemantauan ditemukan sebanyak dua ekor monyet liar. "Pemantauan telah selesai dilaksanakan. Pasukan sudah balik kanan. Kera dibiarkan sementara ditempat, sambil menunggu koordinasi dengan Tim Bawa Denpasar,"ungkap I Nyoman Tari, Minggu 24 Januari 2021.

Pihaknya berharap, monyet liar yang meresahkan warga bisa ditangkap petugas gabungan. Untuk diketahui, akhir tahun 2020 petugas juga mangkap monyet liar yang meresahkan warga sekitar Kelurahan Karangasem, Jumat (4/12/2020) siang. Proses penangkapan membutuhkan waktu sekitar 30 menit lantaran monyet dengan cepat berpindah pindah tempat.

Evakuasi monyet liar melibatkan tim dari Pemadam Kebakaran (Damkar), Bawa, Dinas Pertanian Karangasem, dan BKSDA. Penangkapan monyet menggunakan bius. Monyet yang ditangkap langsung dibawa ke penangkaran.

Pihaknya berharap tidak ada lagi monyet yang berkeliaran ke pemukiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *