Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Ditjen IKMA) mengelar Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia atau BMBIfest. BMBIfest merupakan kegiatan pameran virtual pertama yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian, sebagai tindak lanjut dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia (Gernas BBI). Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengatasi dampak pandemi Covid 19 terhadap IKM dan mengutamakan belanja produk IKM.

"Acara ini diselenggarakan untuk mempermudah akses masyarakat Indonesia utamanya pelaku industri menemukan pelaku IKM pembuat peralatan atau permesinan lokal, sekaligus untuk memperluas dan menggairahkan pemasaran dan jaringan IKM peralatan dan permesinan Indonesia," tutur Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita saat acara pembukaan Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia, Selasa (15/9/2020). Festival Virtual Bangga Mesin Buatan Indonesia akan diselenggarakan selama tiga hari, di mulai pada 15 17 September 2020 melalui situs BMBIfest. Kegiatan ini diikuti oleh 47 IKM peralatan permesinan, BRI, Blibli, serta booth Ditjen IKMA.

Mengiringi BMBIfest, akan dilaksanakan webinar dengan enam topik menarik yang membahas teknologi agrobisnis dan agroindustri untuk menjaga ketahanan pangan nasional, serta produk inovasi IKM di masa pandemi Covid 19. Dalam acara festival ini juga diluncurkan virtual hub produk IKM permesinan di Blibli dengan nama official store Galeri Mesin Lokal. Galeri Mesin Lokal akan menampung IKM permesinan dengan tujuh kategori produk, yaitu mesin pengolahan makanan dan minuman, mesin industri lainnya, mesin atau alat kesehatan, elektronik atau kelistrikan, alat atau mesin teknologi tinggi, alat atau mesin pertanian dan perikanan, serta alat transportasi.

"Setelah #BanggaBuatanIndonesia dan #SemuanyaAdaDisini dikenal masyarakat, kini melalui hub pemasaran online produk IKM permesinan, dengan nama Galeri Mesin Lokal yang bekerjasama dengan Blibli, diharapkan dapat menjadi peluang baru bagi IKM mesin dan peralatan untuk memperluas pemasaran," jelas Agus. CEO Blibli, Kusumo Martanto menyampaikan bahwa Blibli menyambut baik peluncuran virtual hub Galeri Mesin Lokal yang diusung oleh Kementerian Perindustrian. "Kami merasa senang mendapatkan kepercayaan untuk berkolaborasi dalam menyukseskan inisiatif ini. Blibli melihat begitu besarnya peran dari pelaku IKM permesinan dalam mendukung proses produksi para pelaku industri lainnya termasuk pelaku UMKM Indonesia di situasi pandemi saat ini," ungkap Kusumo.

Blibli berkomitmen untuk terus mendukung akselerasi pengadopsian teknologi digital bagi para pelaku IKM dan UMKM, dengan bergabung bersama platform e commerce seperti Blibli. "Transformasi bersama menuju Industri 4.0 merupakan kunci bagi seluruh pelaku industri khususnya pelaku IKM dan UMKM agar dapat naik kelas. Blibli ingin terus hadir mendorong pelaku IKM dan UMKM agar dapat terus memperkuat dan mengembangkan usahanya," imbuh Kusumo. Direktur Jenderal IKMA, Gati Wibawaningsih menjelaskan bahwa festival ini merupakan cara adaptasi kebiasaan baru untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk produk IKM secara virtual atau online.

"Terkait dengan penerapan teknologi digital bagi IKM sebagai langkah penerapan peta jalan Making Indonesia 4.0, sejak tahun 2017 kami melaksanakan program e Smart IKM. Dalam program ini, IKM dipacu untuk bisa memanfaatkan teknologi digital dalam pemasaran produk mereka, utamanya melalui e commerce," terang Gati.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *