Anggota Komisi VI DPR RI fraksi PPP Elly Rachmat Yasin melihat penyebaran virus corona (covid 19) saat ini tidak hanya di perkotaan, namun hingga tingkat pedesaan. Apalagi makin banyak orang yang melakukan mudik, pulang kampung ke halamannya masing masing. Merespons hal itu, ia meminta semua pihak untuk ikut berkontribusi mencegah meluasnya penyebaran virus tersebut.

Satu di antara beberapa pihak yang bisa berkontribusi menurut Elly adalah BUMN. Apalagi sejumlah BUMN mempunyai infrastruktur hingga tingkat desa dan kecamatan. Politikus PPP ini mengatalan langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan program bina lingkungan untuk sosilisasi pencegahan virus corona.

Misalnya mengimbau masyarakat desa agar selalu jaga jarak (social distancing), tinggal di rumah dan menjauhi keramaian. "Letak desa yang jauh dari rumah sakit dan keterbatasan rumah sakit akan menyulitkan warga desa yang terdampak. Karenanya, dibutuhkan isolasi mandiri maupun rumah isolasi di setiap desa," ujarnya. Untuk memastikan upaya mereka berhasil, BUMN perlu berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan pihak berwenang yang menangani pencegahan covid 19.

"Saatnya BUMN selamatkan bangsa dengan tangkal penyebaran corona bersama warga desa," pungkasnya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *