Sean Connery, aktor asal Skotlandia yang karier 5 dekadenya didominasi oleh peran James Bond, meninggal dunia di usia 90 tahun. Sang aktor meninggal dunia dengan damai dalam tidurnya, ujar juru bicaranya Nancy Seltzer dalam sebuah pernyataan Sabtu (31/10/2020). "Istrinya Micheline dan kedua putranya, Jason dan Stephane telah mengkonfirmasi bahwa dia meninggal dengan tenang dalam tidurnya dikelilingi oleh keluarga."

"Akan ada upacara pribadi diikuti dengan peringatan yang akan direncanakan setelah virus ini berakhir," tulis pernyataan itu. Dilansir CNN.com, Connery dianugerahi gelar ksatria pada tahun 2000 atas kontribusinya pada seni. Ia berperan sebagai mata mata Inggris dalam tujuh film James Bond, dimulai dengan "Dr. No" pada tahun 1962, film Bond pertama.

Namun Connery bukanlah Bond saja. Ia membintangi film Alfred Hitchcock, "Marnie" tahun 1964, berlawanan dengan Tippi Hedren. Ia juga mengambil peran di "Murder on the Orient Express" tahun 1974.

Dalam "Indiana Jones and the Last Crusade" tahun 1989, Connery berperan sebagai ayah Indiana Jones. Ia juga memenangkan Academy Award untuk aktor pendukung terbaik untuk penampilannya sebagai polisi Chicago Jim Malone dalam film "The Untouchables" 1987. Tapi seperti banyak karakter dalam film Bond, dia tidak pernah bisa melepaskan diri dari 007.

Connery melepaskan peran itu dua kali sebelum akhirnya mengakhiri keterlibatannya dengan film berjudul "Never Say Never Again." Produser James Bond Michael G. Wilson dan Barbara Broccoli mengatakan mereka "terpukul" oleh berita kematian Connery dalam sebuah pernyataan yang diposting ke akun Twitter resmi 007. "Dia akan selalu dikenang sebagai James Bond asli yang kehadirannya tak terhapuskan ke dalam sejarah sinema dimulai ketika dia mengumumkan kata kata tak terlupakan 'nama James Bond'."

"Dia merevolusi dunia dengan penggambarannya yang berani dan jenaka tentang agen rahasia seksi dan karismatik," kata produser. "Dia tidak diragukan lagi berperan atas kesuksesan serial film dan kami akan selamanya berterima kasih padanya." Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon mengatakan dia "patah hati" mendengar kematian Connery.

"Bangsa kita hari ini berduka atas salah satu putranya yang paling dicintainya," katanya dalam sebuah pernyataan. "Sean dilahirkan dalam keluarga kelas pekerja Edinburgh dan melalui bakat dan kerja kerasnya, menjadi ikon film dan salah satu aktor paling berprestasi di dunia." Sturgeon juga memberi penghormatan kepada Connery sebagai "orang Skotlandia yang patriotik dan membanggakan, dengan mengatakan bahwa itu adalah hak istimewa untuk mengenalnya.

"Dia adalah pembela seumur hidup dari Skotlandia yang merdeka dan kami yang memiliki keyakinan itu berhutang budi padanya," katanya. Aktor Daniel Craig, pemain Bond terbaru, mengatakan Connery telah "menentukan era dan gaya" dan merupakan salah satu pemain film terhebat yang sejati. "Kecerdasan dan pesona yang dia gambarkan di layar bisa diukur dalam mega watt; dia membantu menciptakan blockbuster modern."

"Dia akan terus mempengaruhi aktor dan pembuat film di tahun tahun mendatang," kata Craig dalam pernyataan yang dibagikan oleh aku 007 di Twitter. Aktor Hugh Jackman mentweet: "Saya tumbuh dengan mengidolakan #SeanConnery. Legenda di layar, dan di luar. Istirahat dalam Damai." Pinewood Studios Inggris, tempat pembuatan film Bond, men tweet:

"Kenangan aktor luar biasa ini dan perwujudan James Bond superspy yang tak terlupakan akan selamanya disimpan di Pinewood."

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *