Rizieq Shihab Sudah Punya Tim Sendiri Tanggapi Permintaan Swab Test Covid-19 Sang Imam Besar FPI

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab disebut sebut sudah mempunyai tim sendiri untuk melakukan swab test atau tes usap Covid 19. Hal tersebut diungkapkan oleh Kuasa Hukum FPI Aziz Yanuar. Ia pun meminta polisi beserta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak perlu mengistimewakan Rizieq dengan menawarkan tes usap.

"Untukswabdan lain lain itu kami ada tim dari HILMI dan MER C, jadi pemerintah tidak perlu repot dan mengistimewakan HRS (Rizieq) dan FPI," kata Aziz kepadaKompas.com, Senin (23/11/2020). Namun, Aziz tak mau mengungkapkan apakah Rizieq sudah menjalani tes usap atau belum. Menurut Aziz, hal tersebut merupakan urusan pribadi Rizieq Shihab.

Sehingga, hal itu tidak perlu diumumkan ke publik. Menurut Aziz, hasil tes usap baru perlu diketahui oleh pihak lain jika memang Rizieq hendak melakukan kegiatan yang mensyaratkan bukti hasil tes usap. Aziz kemudian memberi contoh saat bepergian dengan pesawat.

Ia hanya memastikan bahwa Rizieq saat ini dalam kondisi sehat. "Beliau sehat walafiat, bugar," katanya. Lebih jauh Aziz menyarankan agar pihak kepolisian untuk fokus mengurus penularan Covid 19 di tahanan Mabes Polri.

Ia mengkhawatirkan kesehatan sejumlah simpatisan Rizieq yang saat ini ditahan di rutan Mabes Polri karena adanya sejumlah tahanan yang positif Covid 19. "Sudah jelas ada Covid 19 dan menyebar, kenapa sibuk dengan yang sehat dan bugar?" ujarnya. Kapolsek Tanah Abang AKBP Singgih Hermawan membenarkan bahwa TNI, Polri, dan Satpol PP sempat mendatangi kediamanRizieq Shihabdi Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (21/11/2020) malam.

Dia menjelaskan, kedatangan mereka ke kediaman Rizieq Shihab untuk menyarankan Rizieq segera melakukanswab test. "Karena masyarakat bertanya apakah PakHabib Rizieqsakit atau enggak, makanya kita menyarankan beliauswab," ujar Singgih saat dihubungi melalui telepon, Minggu (22/11/2020). Namun, Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono menjelaskan bahwa kedatangan tiga pilar untuk menemui Rizieq Shihab tidak bisa terlaksana.

Margiyono mengatakan, orang dekat Rizieq Shihab meminta agar pesan pesan dari tiga pilar bisa disampaikan melalui orang dekat tersebut. Sejumlah orang yang tergabung dalam kerumunan massa Rizieq Shihab di Puncak, Bogor, Petamburan, dan Tebet dinyatakan positif Covid 19 setelah dilakukan uji swab. "Data yang diterima Satgas, per Kamis sore 19 November, untuk wilayah Petamburan Jakarta Pusat telah dilakukan swab terhadap 15 orang.

Ada 7 orang positif Covid 19, termasuk Lurah Petamburan," kata Ketua Satgas COVID 19 Letjen TNI Doni Monardo, Jumat (20/11/2020). Selain Petamburan, terdapat pula penambahan kasus positif dari klaster Puncak yakni kerumunan massa yang menyambut Rizieq Shihab meresmikan pesantren. "Data Jumat sore 20 November, hasil swab antigen untuk klaster Megamendung adalah yang diperiksa 559 orang, yang positif ada 20 orang," kata Doni.

Laporan lain, kata Doni, terdapat 50 orang positif Covid 19 yang mayoritas berdomisili sekitar Tebet, Jakarta Selatan. Ketika itu Rizieq juga hadir sebagai undangan. Dari berbagai data ini, bisa disimpulkan terdapat 77 orang positif Covid 19 dari kerumunan massa di Puncak, Bogor, Petamburan, dan Tebet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *