Sebuah survei terbaru yang dilakukan Deloitte menemukan bahwa industri perbankan Rusia termasuk diantara pelopor dunia dalam hal digitalisasi layanan perbankan, melebihi rata rata global. Apa yang disebut studi tolok ukur global tentang kematangan perbankan digital, memberikan penilaian luar dalam yang komprehensif pada 318 bank ritel di 39 negara. Menurut laporan tersebut, Rusia termasuk di antara sepuluh negara teratas yang memimpin dalam sektor perbankan digital global.

Sementara 9 negara lainnya diantaranya adalah Jepang, Singapura, Norwegia, Spanyol, Belgia, Turki, Polandia, Arab Saudi dan Qatar. Dikutip dari laman Russia Today, Senin (19/10/2020), hasil riset menunjukkan, dalam hal ketersediaan informasi kepada klien, rata rata indeks di dunia adalah 45 persen, sedangkan di Rusia mencapai 51 persen. Lalu terkait pembukaan akun dan interaksi harian dengan klien, Rusia mengungguli dengan tujuh poin persentase.

Kemudian mengenai penggunaan layanan bank dan penutupan akun oleh klien, bank bank Rusia juga lebih unggul dari rekan rekan global mereka. Seperti yang disampaikan Kepala Penasihat Peringkat dan Praktik Tata Kelola Perusahaan di Rusia dan CIS, Ekaterina Trofimova. "Bank bank Rusia telah meningkatkan kinerjanya dalam prosedur pembukaan rekening, mengadaptasi pelanggan baru, mengelola pembayaran, melakukan transfer, menggunakan kartu bank, serta di bidang cross selling," kata Trofimova.

Ia menambahkan bahwa aplikasi seluler lebih populer di kalangan klien bank ritel Rusia daripada perbankan internet.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *