Beberapa orang, terutama dari kalangan perempuan mendambakan untuk memiliki bulu mata yang lentik dan panjang. Namun ternyata, tidak semua orang bisa memiliki bulu mata yang panjang dan lentik. Sebagian orang biasanya malah memiliki bulu mata yang pendek, rapuh, dan mudah rontok.

Karena rontok dan rapuh, maka bulu mata susah untuk menjadi panjang dan lentik. Dilansir dari Bustle, bulu mata mudah yang patah biasanya disebabkan oleh penggunaan produk perawatan mata yang kurang tepat, seperti maskara sampai obat tetes mata. Beberapa produk perawatan mata dapat mengeringkan bulu mata, sehingga membuat bagian batang rambut bulu mata rapuh dan mudah rusak.

Selain produk perawatan mata, bulu mata mudah rontok juga dapat disebabkan rutinitas mengucek mata. Kebiasaan mengucek mata bisa merusak bulu mata karena sebagian bulu mata tertarik sebelum waktunya. Bulu mata yang rapuh atau rontok bisa tumbuh kembali selama empat sampai delapan minggu.

Maka, ada baiknya Anda tidak melakukan beberapa hal yang bisa mengganggu proses pertumbuhan bulu mata. Cara memanjangkan bulu mata secara alami yang cukup banyak dijajal adalah menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung asam lemak esensial yang bisa digunakan sebagai bahan pelembab dan pelembut bulu mata.

Cara mudah menggunakan minyak zaitun untuk memanjangkan bulu mata bisa dengan menggunakan sikat bulu mata yang lembut. Celupkan sikat bulu mata ke dalam minyak zaitun, lalu hati hati oleskan atau aplikasikan minyak zaitun ke bulu mata. Baca juga: Cara Mengatasi Mata Lelah

Minyak kelapa murni cukup aman digunakan sebagai bahan pelembab alami untuk area di sekitar mata. Sebuah penelitian menunjukkan, mengoleskan minyak kelapa ke bulu mata yang sudah dicuci bisa mencegah hilangnya protein yang menjaga kekuatan dan kelembutan bulu mata. Cara memanjangkan bulu mata secara alami dengan minyak kelapa cukup praktis.

Jika Anda tak punya sikat bulu mata, cukup gunakan jari tangan yang bersih untuk mengusapkan minyak kelapa ke bulu mata. Biotin atau vitamin B7 adalah salah satu jenis larut air yang penting untuk menjaga kesehatan rambut, termasuk bulu mata. Kekurangan biotin dapat menghambat pertumbuhan rambut sampai bulu mata.

Demi bulu mata lebih panjang dan sehat, pastikan kebutuhan biotin tubuh tercukupi secara alami. Alih alih sembarangan mengonsumsi suplemen tanpa petunjuk dokter, cukupi kebutuhan biotin dengan asupan yang kaya zat gizi ini. Di antaranya dengan makan kuning telur, keju, kacang kedelai, kacang tanah, sayuran berwarna hijau, kol, dan jamur.

Dilansir dari Byrdie, minyak jarak jamak digunakan sebagai cara memanjangkan bulu mata secara alami. Bahan alami ini juga kerap dipakai dalam bahan utama pembuatan serum untuk merangsang pertumbuhan bulu mata. Manfaat minyak jarak untuk bulu mata di antaranya meningkatkan kilau serta fleksibilitas serat bulu mata.

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk menunjang pertumbuhan bulu mata. Cara memanjangkan bulu mata secara alami dengan teh hijau cukup mudah. Anda tinggal mengoleskan seduhan teh hijau di sepanjang garis bulu mata.

Selain mencoba beberapa bahan alami di atas, perawatan bulu mata juga tak kalah penting saat sedang berupaya memanjangkan bulu mata. Pastikan untuk menggunakan maskara yang memiliki formula lembut dan mudah dibilas. Tak hanya itu, untuk sementara baiknya hindari penggunaan alat penjepit bulu mata dan lem bulu mata palsu untuk mencegah kerusakan rambut di bagian mata ini.

(*/OWW)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *