Sebanyak 11,8 persen responden mengaku tetap akan mudik ke kampung halaman pada Lebaran tahun 2020. Sedangkan, 86,3 persen mengaku tidak akan mudik, dan sisanya sebanyak dua persen tidak menjawab atau tidak tahu. Hasil itu terlihat dari survei yang dilakukan oleh Radio Republik Indonesia ( RRI) dan Indo Barometer dengan 400 responden di tujuh provinsi selama 9 15 April 2020.

Survei tersebut dilakukan sebelum pemerintah memutuskan untuk melarang mudik. Menurut hasil survei, mereka yang masih ingin mudik, mengungkapkan alasan tertinggi adalah ingin bersilahturahmi dengan keluarga. Presentasenya sebesar 40,8 persen responden. Kemudian, sebanyak 19,7 persen responden mengatakan akan mudik jika kondisi sudah membaik.

Alasan lainnya responden ingin mudik yaitu, rindu kampung halaman, menganggur di kota, jarak mudik dekat, dan tradisi berkumpul keluarga. Sementara itu, mayoritas responden yang tidak akan mudik mengaku takut tertular atau menularkan virus corona sebanyak 38,5 persen dan demi mencegah penyebaran virus corona sebesar 21,2 persen.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *