5 Tips Untuk Melancarkan Pencernaan

Buang air besar di pagi hari merupakan sebuah kebiasaan yang lazim dilakukan semua orang. Hal ini bisa sangat melegakan dan membuat perut tidak mengalami kembung.

Walau begitu, pada sebagian orang, buang air besar di pagi hari kerap tidak dapat terlaksana dengan mudah. Hal ini menjadi hambatan dan ganjalan untuk beraktivitas setelahnya.

Secara normal, seseorang sebenarnya tidak harus untuk buang air besar setiap pagi. Jadwal buang air besar normal seseorang bisa berkisar tiga kali buang air besar setiap hari hingga tiga kali seminggu.

Pola buang air besar ini bisa berbeda-beda pada tiap orang. Selama kamu tidak mengalami sembelit atau masalah pencernaan yang mengganggu lainnya, pencernaanmu bisa tergolong lancar.

Aktivitas atau hal yang kamu lakukan pada malam hari bisa sangat berpengaruh terhadap kelancaranmu untuk buang air besar di malam hari ini. Dilansir dari Livestrong, Aaron Martin, MD, pakar gasentrologis dari Jefferson University Hospitals, Philadelphia mengungkap berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan buang air besar.

Minum Air

Cukup minum air di malam hari bisa sangat berpengaruh baik terhadap pencernaan.

“Salah satu fungsi utama dari usus adalah untuk membantu tubuh menyerap air. Jika kamu ingin dapat buang air besar di pagi hari, penting bagi ususmu untuk memiliki cukup asupan air,” terang dr. Martin.

Walau begitu, pastikan jangan minum terlalu dekat dengan jam tidur. Pasalnya, hal ini justru bisa membuatmu ingin buang air kecil dan mengganggu waktu tidur.

Konsumsi Serat

Makan Kacang Polong

Bagi kesehatan pencernaan, keberadaan makanan tinggi serat merupakan salah satu hal yang penting. Salah satu makanan kaya serat dan dianggap sangat baik bagi kesehatan pencernaan adalah kacang polong. Makanan ini bisa memenuhi kebutuhan serat tubuh dengan maksimal dan melancarkan pencernaan di pagi harinya.

Hal Lain yang Perlu Kamu Lakukan

Berjalan-Jalan setelah Makan Malam

Olahraga dan aktivitas fisik merupakan sebuah hal yang harus kamu lakukan setiap hari. Hal ini banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuhmu terutama pada pencernaan.

Usai makan malam, berjalan-jalan bisa menjadi cara untuk melancarkan pencernaan.

“Semakin aktif dirimu, semakin baik. Jika kamu aktif setidaknya sekali dalam sehari, hal ini bisa meningkatkan motilitas usus untuk membantumu buang air besar,” jelas dr. Martin.

Tidur Lebih Awal (Agar Bisa Bangun Lebih Awal)

Bangun lebih awal di pagi hari bisa membantu kamu memiliki lebih banyak waktu. Hal ini juga berarti kamu bisa sarapan lebih awal serta menghabiskan lebih banyak waktu di kamar mandi tanpa terburu-buru.

“Makan bisa menstimulasi pergerakan usus dan membuatmu buang air besar,” terang dr. Martin.

Minuman yang Bisa Dikonsumsi

Konsumsi Teh Daun Jati China

Daun senna atau daun jati China merupakan tumbuhan yang bisa menstimulai usus. Minuman ini bisa sangat membantu dalam mengatasi konstipasi ringan yang terjadi.

Masalah konstipasi atau sulit buang air besar terutama di pagi hari ini bisa sangat mengganggu. Oleh karena itu jaga gaya hidup dan pola makan sehat untuk menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *