Bek Timnas Indonesia Ini Tolak Tiga Tawaran Klub Luar Negeri Demi Kompetisi di Indonesia

Bek naturalisasi timnas Indonesia, Otavio Dutra, menyebut tidak mengacuhkan tawaran dari tiga klub luar negeri demi menunggu lanjutan Liga Indonesia. Seperti diketahui, Otavio Dutra sempat memperkuat jantung pertahanan dari timnas Indonesia. Kesempatan membela timnas Indonesia itu didapat oleh Otavio Dutra ketika resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Pada 27 September 2019, Otavio Dutra sah menjadi WNI dan memiliki peluang tampil di timnas Indonesia. Tidak butuh waktu lama untuk Dutra mendapatkan panggilan ke timnas Indonesia ketika itu. Pasalnya, mantan pemain Persebaya Surabaya tersebut langsung dilirik oleh Simon McMenemy yang saat itu masih membesut skuat Garuda.

Simon McMenemy pun akhirnya memberikan debut kepada Otavio Dutra di timnas Indonesia. Penampilan perdana Dutra membela Tanah Air itu didapat ketika timnas Indonesia melawan timnas Vietnam pada 15 Oktober 2019. Namun, bek naturalisasi Indonesia asal Brasil tersebut harus menelan pil pahit dalam penampilan perdananya karena timnas Vietnam berhasil mengalahkan timnas Indonesia.

Pada pertandingan game week keempat Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tersebut timnas Vietnam mampu menumbangkan timnas Indonesia dengan skor 3 1. Otavio Dutra pun kembali mendapatkan kepercayaan lagi oleh Simon McMenemy di timnas Indonesia dalam menatap game week keenam. Sayangnya, dalam laga itu timnas Indonesia kembali menelan kekalahan setelah tumbang dari timnas Malaysia dengan skor 2 0, 19 November 2019.

Tak lama seusai membela timnas Indonesia, Otavio Dutra secara resmi pindah dari Persebaya Surabaya ke Persija Jakarta. Pada 1 Januari 2020, manajemen Persija mengumumkan Dutra sebagai pemain anyarnya. Akan tetapi, kiprah bek timnas Indonesia tersebut di Persija Jakarta mengalami hambatan karena Liga Indonesia ditunda.

Otavio Dutra tercatat baru membela Persija sekali di Liga 1 2020 dan sumbangkan satu gol. Kejelasan mengenai lanjutan Liga Indonesia musim 2020 ini pun tengah ditunggu oleh Dutra. Hal itu dikarenakan pemain berusia 37 tahun tersebut telah ditunggu tiga klub luar negeri.

Kalau Liga Indonesia musim 2020 menuai kejelasan, maka Otavio Dutra akan bertahan di Persija Jakarta. Namun jika berbanding terbalik, Dutra pun akan berpikir untuk berkiprah di luar negeri. "Tergantung kalau tidak ada liga lagi di Indonesia, baru saya akan pikir main di luar negeri," kata Otavio Dutra seperti dilansir oleh BolaSport.com dari Instagram nya, 28 Desember 2020.

"Sebelumnya saya sudah ada tiga tawaran dari klub luar negeri, tapi saya tetap memilih tinggal di Persija," ujar Dutra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *