Pandemi COVID-19 yang terjadi di seluruh dunia dan menyebar di tahun 2020 telah menyebabkan perubahan pada berbagai aspek kehidupan kita. Hal ini terutama pada cara kita melakukan sosialisasi dengan orang lain.

Pada masa pandemi ini, kita harus menjaga jarak dengan orang lain agar tidak terjadi penularan COVID-19. Kondisi ini menyebabkan perubahan pada saat kita berolahraga.

Pada masa pandemi COVID-19 ini, bebrapa kebiasaan berolahraga yang biasa kita lakukan jadi tidak bisa terlaksana. Hal ini termasuk berolahraga di gym atau melakukan olahraga kelompok.

Sebaliknya, berbagai olahraga yang bisa dilakukan secara individu mulai banyak diminati di saat ini. Hal ini baik di luar ruangan seperti bersepeda maupun di dalam ruangan seperti melakukan yoga. Berikut sejumlah olahraga yang banyak diminati dan tepat untuk dilakukan di tahun 2020 ini.

1. Berjalan dan Berlari

Berjalan dan berlari merupakan dua jenis olahraga yang termasuk paling mudah dilakukan. Keduanya pun tidak membutuhkan banyak keterampilan dan alat yang aneh-aneh untuk melakukannya.

Pada masa pandemi ini, dua jenis olahraga ini tetap banyak dilakukan. Hanya saja, jika pada sebelumnya dilakukan secara berkelompok, pada saat ini olahrga ini dilakukan secara individu terutama di lokasi-lokasi yang cukup sepi.

2. Yoga

Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan pada masa pandemi ini adalah yoga. Hal ini terutama karena olahraga ini juga bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

Selain berdampak baik untuk kebugaran, yoga juga bisa membantu menenangkan pikiran terutama di masa-masa sulit seperti sekarang. Oleh karena itu, yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang menjadi trend di tahun 2020 ini.

3. Bersepeda

Salah satu olahraga yang menjadi sangat populer di masa pandemi ini adalah bersepeda. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang mulai melakukan hobi ini.

Walau pada saat ini banyak orang yang bersepeda secara berkelompok, namun disarankan untuk melakukannya secara individu atau paling tidak dengan kelompok kecil saja. Hal ini bisa bermanfaat untuk menurunkan risiko penularan COVID-19.

4. HIIT

High Intensity Interval Training (HIIT) adalah salah satu olahraga yang juga penting dilakukan. Jenis olahraga ini bisa membuat tubuh tetap berenergi dan aman dari masalah kesehatan.

Olahraga ini merupakan olahraga kardio yang dilakukan dalam waktu singkat namun berintensitas tinggi. Jenis olahraga ini selain bersepeda dan berlari adalah latihan zumba maupun pilates. Olahraga ini bisa tetap aman dilakukan secara sendiri maupun di rumah.

5. Strength Excercise

Dalam beraktivitas, tubuh tidak hanya memerlukan kebugaran saja namun juga tenaga yang kuat. Oleh karena itu, strength excercise atau latihan kekuatan tetap penting kamu lakukan.

Pada masa seperti ini, melatih kekuatan ini bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah. Hal ini bisa berupa mengangkat beban berat, melakukan lompatan eksplosif, serta melakukan sprint untuk membentuk otot tubuh dan meningkatkan tenaga.

Sejumlah olahraga tersebut cukup mudah dilakukan dan bisa diterapkan secara individu. Oleh karena itu, sejumlah olahraga ini menjadi pilihan pada tahun 2020 ini.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *