Pandemi virus corona telah mewabah hingga 202 negara. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid 19). Di Indonesia, upaya yang dilakukan pemerintah antara lain meliburkan sekolah, meniadakan Ujian Nasional (UN), hingga menerapkan social distancing.

Dampak dari sosial distancing berbagai aplikasi video call dan video conference makin ramai digunakan. Mulai dari Skype, Google Meeting, Zoom dan yang terbaru adalah Instagram. Guna menjaga social distancing, Instagram meluncurkan fitur terbarunya yang bernama Co Watching.

Dikutip Kompas.com, fitur Co Watching memungkinkan penggguna untuk melakukan panggilan video secara bersama sama. Panggilan video di Instagram atau video chat ini bisa menampung hingga enam pengguna sekaligus. Cara penggunaannya mudah, pengguna dapat memulai obrolan video dengan mengetuk ikon recorder pada bagian kotak masuk (Inbox).

Uniknya, saat melakukan video chat, pengguna bisa membagikan postingan postingan yang mereka simpan dan sukai ke dalam video chat. Dikutip dari , cara untuk berbagi postingan yang disimpan, disukai, dan disarankan sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengetuk ikon foto bertajuk "media", yang terletak di bagian kanan bawah layar saat video call berlangsung.

Secara otomatis semua peserta video chat dapat mendengar video yang diputar. Kekurangannya, pengguna tidak dapat membagikan post secara bersama sama. Selain itu, para peserta video chat juga dapat melakukan wefie dengan screenshoot, menggunakan tombol bulat putih di pojok kiri bawah video.

Pengguna lain pun akan mendapatkan pemberitahuan apabila salah satu menekan tombol tersebut. Fitur Co Watching memudahkan pengguna dalam berkomunikasi tatap muka secara virtual. Guna mengedukasi para penggunanya, Instagram juga menghadirkan akun akun sumber edukasi terpercaya dalam kolom pencarian.

Selain itu juga menghapus konten hoaks terkait Covid 19 dari menu eksplore. Pengguna juga bisa dapat mengakses informasi tentang Covid 19 melalui bar pencarian dengan kata kunci Covid 19 atau coronavirus. Instagram akan langsung menampilkan akun WHO, dan otoritas kesehatan setempat atau akun yang terpercaya.

Instagram meluncurkan stiker "Di Rumah Aja," dan menciptakan tagar #dirumahaja. Pengguna dapat menemukannya melalui menu stiker di instastories dengan kata kunci "covid 19" atau "Di Rumah Aja". Setelah mencari menggunakan kata kunci seperti covid, di rumah, dan sejenisnya, stiker stiker itu akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Stiker ini cukup bervariasi, ada yang berisi imbauan bagi pengguna untuk mencuci tangan, menjaga jarak fisik dengan orang lain, serta beberapa tips lainnya untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *