Daun Kelor Disebut superfood Karena Berbagai Manfaat

Terdapat banyak tanaman obat yang menyehatkan yang biasa dikonsumsi di Indonesia. Salah satu tanaman ajaib yang menyehatkan adalah kelor.

Penggunaan daun kelor sebagai ramuan obat tradisional juga sudah digunakan sejak dulu. Menurut dr. Ratna Asih, M.Si dari Perkumpulan Dokter Pengembangan Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) daun kelor dapat meningkatkan produksi air susu ibu (ASI).

“Ini sampai disebut miracle tree, pohon ajaib, atau superfood karena saking luarbiasa kandungannya,” ujar Ratna dalam webinar Geriatri TV beberapa waktu lalu.

Selain dapat meningkatkan produksi ASI, kelor juga dapat meningkatkan nafsu makan dan aman dikonsumsi oleh anak sejak usia 3 tahun.

Daun kelor dapat dibuat menjadi teh, sayur, sebagai campuran kue, pewarna puding, bahkan dapat juga dibuat sebagai kudapan seperti rempeyek.

“Ini juga sedang digalakan untuk menanggulangi stunting, untuk ibu hamil, anak dengan gizi kurang, itu dipersilakan untuk konsumsi daun kelor.”

Cara Membuat Ramuan Daun Kelor

Bahan-bahan yang diperlukan pun hanya 3 cabang daun kelor muda dan 5 gelas air.

Langkah pertama membuat ramuan daun kelor adalah dengan memilih bahan segar dan cuci bahan dengan air mengalir hingga bersih.

Selanjutnya, didihkan air dalam panci stainless dan setelah mendidih kecilkan api. Gunting-gunting daun dan cabang kelor kemudian masukkan ke dalam air panas tersebut.

Daun dan cabang kelor dimasak di api kecil selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan hingga hangat.

Ramuan daun kelor dapat disaring dan siap dihidangkan. Ramuan ini dapat diminum sebanyak 3 hingga 5 gelas sehari. Namun, lebih dianjurkan untuk meminumnya dua kali sehari sebanyak satu cangkir. Pada anak-anak, disarankan untuk meminumnya dua kali sehari dengan porsi setengah cangkir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *