Ini Bedanya Steak Sirloin & Tenderloin Biar Tak Salah Sebut

Saat memesan steak, kamu pasti akan dihadapkan pada jenis yang beragam. Mulai dari steak sirloin hingga tenderloin. Apakah kamu tahu cara membedakan kedua jenis steak ini.

Jika tidak, kami akan membantu kamu menemukan perbedaan antara steak sirloin dengan tenderloin. Daging sirloin atau yang biasa disebut daging has luar, New York strip, Kansas City strip, letaknya ada di bawah iga sapi dan bagian luar tenderloin. Pada bagian daging sapi, sirloin terbagi menjadi 3, satu di bagian atas dan dua berada di bawah tenderloin.

Nah, daging sirloin biasanya ada ketika hidangan santai. Sirloin merupakan bagian otot dari sapi yang cukup sering digunakan untuk bergerak. Daging ini mengandung lemak yang lebih banyak dibandingkan tenderloin.

Bila dimasak dengan tepat dan baik akan menghasilkan steak yang juicy (berair), gurih, dan empuk. Karena itu harga steak sirloin biasanya lebih murah dibandingkan dengan tenderloin. Steak tenderloin lebih mahal karena daging yang digunakan tidak mengandung banyak lemak.

Karena mahal, daging yang disajikan pun lebih kecil dibandingkan dengan sirloin. Steak tenderloin juga biasa disebut khas dalam, fillet , atau fillet mignon . Dagingnya terletak di bagian tengah sapi.

Steak yang menggunakan daging tenderloin biasanya ada di acara acara khusus yang spesial. Cara memasak yang tepat untuk daging tenderloin adalah digoreng atau dengan dipanggang. Waktu yang dibutuhkan untuk memasak tenderloin cenderung lebih cepat karena sedikitnya lemak yang terkandung di dalamnya.

Karena itu bila terlalu lama dimasak, maka akan membuat dagingnya lebih cepat kering dan keras. Saat memasak daging tenderloin diperlukan pembubuan yang tepat agar tidak kehilangan kelezatannya. Bagaimana, bagian mana yang lebih kamu sukai? Sirloin atau tenderloin?

Kalau ditanya mana yang lebih enak, semua tergantung pada selera dari teman teman, ya. Bila kamu menyukai daging yang lebih gurih, maka sirloin bisa menjadi pilihannya. Namun, bila kamu lebih menyukai daging yang tidak berlemak maka steak tenderloin jawabannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *