Makanan dan minuman manis yang berjejer saat Hari Raya Idul Fitri merupakan godaan besar bagi para penderita diabetes. Tapi tenang saja, para penderita diabetes tetap bisa ikut merasakan makanan dan minuman tersebut tapi sebaiknya membuat sendiri agar gulanya tidak berlebih. Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Ida Gunawan, MS, SpGK (K) membagikan contoh resep puding pandan buah bagi penderita diabetes. Yuk catat resep dan caranya. Lalu siapkan bahan dan mulai lah berkreasi di dapur.

Siapkan agar agar plain atau tanpa rasa. Siapkan daun pandan dan tumbuk hingga keluar airnya lalu masak bersamaan dengan agar agar. Menumbuk sendiri daun pandan ini sangat bagus karwna daun pandan memiliki antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

"Daun pandan banyak kan yang jual dan pandan itu warnanya adalah hijau. Zat hijau daun itu klorofil adalah antioksidan," ungkap dr. Ida saat live bersama diabetasol, Senin (18/5/2020). Beri pemanis supaya lebih menarik. Tambahkan potongan buah untuk menambah tambahan antioksidan dari puding pandan buah yang dikonsumsi.

"Aksesorisnya boleh dikasih buah buahan yang gampang ya melon, semangka, jeruk potong, kalau mau ada rasa asam sesikit boleh ditambahkan strawberry sehingga mendapatkan banyak antioksidan," ucap dr. Ida. Kemudian jika ingin membuat kue kering seperti nastar bisa membuat sendiri. Penderita diabetes bisa dengan mengganti gula pasir dengan sweetener rendah kalori untuk tetap menjaga kadar gula dalam tubuh.

Batasannya hanya boleh mengonsumsi kue nastarnya dua sampai tiga potong saja bagi penderita diabetes. "Sweetener ini mengandung sukralosa yang mempunya kemanisan 400 kali dari gula pasir, jadi satu bungkus saja manisnya gak main main," kata dr. Ida.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *